facebook

3 Bisnis Online Paling Mudah untuk Dimulai Sekarang

Aufa Hardy
3 Bisnis Online Paling Mudah untuk Dimulai Sekarang
Bisnis Online Sampingan (Unsplash/ Marten Bjork/aufahardy)

Kamu ingin menghasilkan banyak uang? Tetapi cara itu harus cepat dan mudah dikerjakan, modalnya sedikit, dan gak perlu bikin repot? Mulailah dengan bisnis online sampingan. 

Kamu bahkan tidak perlu meninggalkan pekerjaan penuh waktu, karena bisnis online ini cukup sederhana untuk kamu mulai sekarang. Jadi, mulailah dan jangan takut gagal sampai kamu benar-benar berhasil! 

Mengambil beberapa ide dari I Will Teach You To Be Rich, berikut ini 3 diantaranya yang paling mudah untuk kamu mulai:

1. Web Desainer

Jika pilihan pertama ini membuat kamu lesu dan membuatmu membayangkan hal yang repot seperti kamu perlu mempelajari pengkodean tingkat lanjut, selaw saja. Sekarang ada banyak kursus online HTML tingkat dasar yang akan mengajarkanmu dasar-dasar pengerjaan situs yang bagus.  

Gabungkan keterampilan barumu dengan platform seperti WordPress atau Squarespace, dan kamu akan memiliki pekerjaan sampingan yang bagus di bidang desain web.

2. Penulis lepas

Untuk penulis lepas, ada beberapa niche yang bisa kamu coba: copywriter, content writer, jurnalis, ghostwriter, technical writer, academic writer, dan banyak lagi. Nah, semuanya tergantung pada letak keterampilanmu dan preferensi menulismu. 

Caranya cukup mudah untuk membuat profil dirimu dan setelah kamu memutuskan niche atau bidang keterampilanmu, tunjukkan beberapa contoh tulisanmu di situs seperti Fiverr dan People Per Hour.

Oh iya, penulis lepas juga mencakup ebook dan buku self-publishing (diterbitkan sendiri) di situs seperti Amazon Kindle Direct Publishing, loh. Seperti yang kita tahu, manfaat menerbitkan buku adalah potensi passive income, apalagi jika kamu melakukannya dengan pemasaran yang tepat. Ketika kamu mulai menulis novel-novel itu, lama-kelamaan itu bisa menjadi pekerjaan penuh waktu! 

3. Membuat Channel YouTube

Pada awalnya kamu memang perlu mengetahui pasar mana yang akan kamu masuki dan mempelajari beberapa hal untuk memulai, tapi channel YouTube dapat menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan.  

Alasannya, selain kamu dapat langsung menayangkan karyamu kapan saja, aliran pendapatan di YouTube juga mencakup pendapatan iklan, merchandise, dan pendapatan dari YouTube Premium. Banyak sekali, bukan?

Nah, itu dia sedikitnya 3 hal yang bisa kamu mulai untuk menambah pemasukan. Siapa tahu kamu bisa sukses di salah satunya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak