facebook

Tips Mengemas Barang saat Pindah Hunian ala Anak Kos

Nanik Writer
Tips Mengemas Barang saat Pindah Hunian ala Anak Kos
Ilustrasi Pindah Hunian (Pixabay.com/TheDigitalWay)

Momen pindah kos atau kontrakan bagi para mahasiswa merupakan hal yang sering terjadi. Masalah kos seperti air yang macet, listrik yang tersendat, WiFi, kebersihan, keamanan, hingga faktor-faktor lainnya seringkali membuat mahasiswa rantauan memilih untuk pindah hunian. 

Ketika memutuskan untuk pindah hunian, mereka harus siap menjalani kerepotan persiapannya. Mulai dari mencari-cari lokasi yang tepat dan cocok dengan berbagai pertimbangan, menyiapkan dana dan berbagai pertimbangan biaya hidup di lokasi yang baru, sampai pada kerepotan saat mengemas barang-barang dan mengangkutnya ke kos yang baru. Hal ini tentu akan menyita banyak waktu dan tenaga.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiasati beberapa hal agar momen berkemas untuk pindah kosmu menjadi lebih simple dan efektif. Kira-kira apa saja tips berkemas ala anak kos? Yu, simak ulasan berikut ya!

1. Pilah barang yang diperlukan dan tidak

Kamu perlu mensortir mana barang yang perlu dan berguna bagi kamu dan memilahnya. Sisanya, kamu bisa memilih untuk memberikannya pada orang lain yang lebih membutuhkan atau menjualnya. Dengan begitu, barang-barang yang kamu kemas adalah barang-barang yang pasti kamu gunakan dan tentunya akan mempermudah kamu untuk mengangkutnya nanti.

2. Bersihkan, urutkan, dan buang

Pakaian menjadi salah satu barang yang paling banyak memakan tempat dan waktu. Kamu bisa mulai untuk memilah mana pakaian yang masih kamu gunakan dengan yang tidak. Setelah itu kamu bisa mengurutkannya dan memasukkan dalam koper atau tas baju dan sisanya bisa kamu bawa pulang ke rumah atau bisa juga kamu berikan kepada siapa yang membutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat tempat dan tentunya bisa beramal.

3. Tata barang dengan rapi

Agar kamu bisa meminimaliskan barang-barang bawaanmu yang merepotkan, kamu harus bisa menata barang-barangmu dengan rapi agar bisa menghemat tempat. Kamu bisa memilah dan mengemas barang-barangmu sesuai dengan jenisnya untuk memastikan barangmu aman dari kerusakan juga ya! 

4. Rapikan barang dalam satu waktu

Alih-alih mencicil dan mengulur waktu, kamu bisa menyeleseikan barang-barangmu dalam satu waktu sehingga kamu tidak akan merasa malas setelahnya.

Demikian empat tips yang bisa kamu lakukan saat mengemas barang ala anak kos. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak