facebook

Jangan Memaksakan Perasaan Cinta, Inilah 3 Alasannya!

Sunatus Solikhah
Jangan Memaksakan Perasaan Cinta, Inilah 3 Alasannya!
Jangan Memaksakan Perasaan Cinta, Inilah 3 Alasannya! (Pexels/Keira Burton/sunatus)

Memaksakan perasaan cinta tidak akan membuatmu bahagia. Memiliki rasa cinta adalah sebuah anugerah. Tapi, seringkali membuat pemilik perasaaan tersebut bernafsu untuk memaksakan orang yang dicintainya supaya mencintai kembali.

Padahal nyatanya tidak semua perasaan mendapatkan respons sesuai keinginan. Apalagi jika orang yang kamu sukai sudah memiliki pasangan. Tidak ada yang salah dengan perasaan cinta. Yang keliru adalah ketika kamu salah dalam menyikapi rasa cinta.

Kamu harus tahu kapan saatnya memperjuangkan cinta dan kapan saatnya melepaskan. Sebaiknya kamu jangan memaksakan perasaan cinta terlepas dari apapun alasan dia menolakmu. Mengapa? Inilah 3 alasannya:

1. Membuang-buang Waktu

Alasan pertama adalah membuang-buang waktu. Bila keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk berjuang, jangan terus dipaksa. Sebab, hanya akan membuang-buang waktumu saja.

Padahal waktu tersebut bisa kamu isi dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat dibandingkan memaksakan perasaan. Dan tidak ada jaminan juga usahamu akan membuahkan hasil.

2. Menumbuhkan Semakin dalam Perasaan Sakit

Alasan berikutnya yaitu menumbuhkan semakin dalam perasaan sakit. Mengapa? Karena pemaksaan terjadi karena adanya harapan terlalu tinggi. Sedangkan harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

Semakin tinggi harapan, akan semakin dalam perasaaan sakit yang nantinya kamu rasakan ketika hasil usaha tidak sesuai keinginan. Memperjuangkan cinta sewajarnya saja, berlebihan bukanlah hal baik.

3. Membuat Orang yang Disukai Merasa Tidak Nyaman

Alasan terakhir adalah membuat orang yang disukai merasa tidak nyaman. Tidak hanya dalam hal perasaan saja, perilaku memaksa apapun bentuknya tentu membuat orang lain menjadi kurang nyaman.

Apalagi jika sikapmu sudah sangat berlebihan. Yang kemungkinan terjadi selanjutnya adalah orang yang kamu sukai lebih memilih untuk menghindar. Karena dia sudah merasa sangat terganggu dengan sikapmu. Bukannya hal ini malah memperburuk keadaan? 

Tidak perlu memaksakan cinta, karena bila dia adalah takdirmu bagaimanapun caranya akan menjadi milikmu. Bila dia bukan takdirmu, sememaksa apapun tidak akan pernah menjadi milikmu.

Jangan sampai egois ingin memiliki membuatmu menjadi tidak punya hati. Coba pikirkan bagaimana rasanya menjadi orang yang dipaksa. Kendalikan diri, apapun jawaban orang yang kamu sukai, sebaiknya hargai.

Perasaan akan tumbuh seiring berjalannya waktu, bila kalian memang ditakdirkan untuk bersatu. Jangan sampai hubungan pertemanan menjadi hancur hanya karena sikap keras kepalamu ya. Tidak ada manfaatnya juga kamu memaksakan perasaan cinta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak