facebook

5 Tips Membuat Orang Lain Senang Berteman dengan Kita, Wajib Dicoba!

Rizky Melinda Sari
5 Tips Membuat Orang Lain Senang Berteman dengan Kita, Wajib Dicoba!
Ilustrasi pertemanan. (pexels)

Hubungan pertemanan memegang peran yang cukup penting bagi kelangsungan hidup kita ke depannya. Manusia adalah makhluk sosial, sudah seharusnya kita hidup saling berdampingan dengan manusia lainnya.

Diperlukan suatu sikap yang baik agar kita dapat menjaga hubungan pertemanan. Orang akan senang berinteraksi dan berteman dengan kita jika kita mencerminkan sikap yang bersahabat, baik, dan tidak mudah tersinggung.

Berikut adalah beberapa tips membuat orang senang berteman dengan kita yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tersenyum dan senang menyapa

Kunci pertama ketika bertemu dengan orang yang baru adalah tersenyum. Di Indonesia, masyarakatnya terkenal dengan keramahannya kepada orang lain. Senyum dapat memancarkan aura persahabatan yang kuat.

Namun, di masa pandemi sekarang yang mengharuskan memakai masker, kita bisa mengganti senyum dengan salam dan sapa yang hangat serta sopan. Dengan demikian, orang akan merasa nyaman kepada kita dan tertarik untuk berteman dengan kita.

2. Memuji 

Tips kedua untuk membuat orang senang berteman dengan kita adalah dengan memujinya. Memuji di sini bukan bertujuan negatif, tetapi untuk menghargai lawan bicara kita. Kita bisa memuji bajunya yang keren, topinya yang bagus, dan barang-barang lainnya yang dipakai.

Dengan demikian, orang yang dipuji akan merasa dihargai dan mengaggap kita ramah serta tidak kaku. Obrolan pun dapat berlanjut tanpa rasa canggung.

3. Berempati

Hubungan pertemanan yang sudah terjalin cukup lama tidak menutup kemungkinan dapat terputus begitu saja. Kita harus pandai menjaga hubungan pertemanan dengan orang lain. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa empati.

Rasa empati berarti ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Ketika temanmu sedang kesusahan atau terkena musibah, katakan bahwa kamu ikut sedih atas apa yang telah terjadi. Bantu temanmu semampu yang kamu bisa. Dengan demikian, temanmu akan merasa dipedulikan dan dihargai.

4. Meminta bantuan

Ketika sedang terkena masalah atau musibah, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman. Teman yang baik akan berusaha membantumu sebisanya. Kamu hanya perlu menceritakan permasalahan sebenarnya, lalu meminta bantuan padanya.

Jika memang tidak bisa membantu, temanmu setidaknya akan merasa berguna dan dihargai karena kamu bersedia menceritakan permasalahanmu kepadanya. Mintalah bantuan, karena terkadang masalah lebih cepat selesai jika dikerjakan bersama-sama.

5. Bersikap terbuka

Berhubungan dengan poin keempat tentang meminta bantuan, diperlukan sikap saling terbuka satu sama lain dalam sebuah pertemanan. Kita harus membangun hubungan pertemanan yang berlandaskan rasa saling percaya satu sama lain.

Dengan demikian, ketika salah satu dari keduanya ada masalah, pihak lain dapat ikut membantu untuk mencari solusi dan penyelesaian. Hubungan pertemanan yang didasarkan rasa saling percaya dan saling membantu, akan tumbuh menjadi hubungan yang sehat dan awet.

Itulah lima tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat orang senang berteman denganmu. Terus tebarkan kebaikan bagi orang di sekitar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak