facebook

3 Dampak Buruk Menjadi Wanita Gengsian, Hentikan Sekarang!

Rizky Melinda Sari
3 Dampak Buruk Menjadi Wanita Gengsian, Hentikan Sekarang!
Ilustrasi seorang wanita (pexels)

Wanita dikenal sebagai sosok yang tidak mudah mengungkapkan perasaannya sendiri atau biasa disebut dengan gengsi. Banyak yang lebih senang menyembunyikan segala sesuatu dalam hati ketimbang mengutarakannya langsung kepada orang lain.

Sikap gengsi yang terlalu sering dilakukan terkadang menjadi titik awal berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal-hal baik yang tidak jadi dilakukan karena terhalang gengsi.

Sikap gengsi yang terlalu sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat membawa dampak buruk, lho! Berikut adalah 3 dampak buruk menjadi wanita gengsian yang perlu kamu tahu.

1. Menyusahkan diri sendiri

Sikap gengsi pada diri seseorang dapat membuat orang tersebut enggan meminta bantuan orang lain. Ketika sedang berhadapan dengan masalah, orang yang gengsian cenderung malu untuk mengungkapkan pada orang lain bahwa dia perlu bantuan.

Rasa gengsi hanya akan menghambat kita untuk melakukan sesuatu. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini hanya akan berdampak pada lelahnya kondisi fisik dan mental kita karena harus menyelesaikan permasalahan seorang diri.

2. Mudah overthinking

Overthinking dapat terjadi karena kita terlalu sering menduga-duga tanpa berusaha mencari kebenaran yang sebenarnya. Kita hanya terus-menerus membuat spekulasi dan prasangka dalam hati, tetapi terlalu gengsi untuk bertanya atau mengonfirmasi langsung.

Salah satu contoh nyata sikap gengsi dapat menimbulkan overthingking adalah ketika kamu terlalu gengsi bertanya tentang hal yang tidak kamu kuasai. Bukannya langsung bertanya agar kamu segera paham, kamu malah jadi overthinking karena terlalu memikiran padangan orang lain terhadap dirimu sendiri.

3. Dimanfaatkan orang lain

Sikap kamu yang terlalu gengsi mengungkapkan perasaan yang sebenarnya dan lebih senang menyimpan semuanya dalam hati dapat membuat orang mengaggap kamu mudah dimanfaatkan. Kamu gengsi menolak perkataan orang lain karena takut dianggap tidak menghargai.

Jika hal ini dibiarkan, ujungnya hanya akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Orang akan terus memanfaatkan kamu dan bersikap seenaknya tanpa memikirkan perasaan kamu. Jika memang kamu tidak suka dengan sikap orang lain, katakan saja. Tidak usah gengsi.

Itulah 3 dampak buruk atau negatif jika menjadi wanita gengsi. Jangan takut untuk menjadi wanita tegas dan jangan takut menolak sesuatu jika memang tidak sesuai dengan keinginan dan tujuan kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak