facebook

Ini Dia 3 Macam Kepribadian Manusia, Kalau Kamu Cocok dengan yang Mana Nih?

Nanik Writer
Ini Dia 3 Macam Kepribadian Manusia, Kalau Kamu Cocok dengan yang Mana Nih?
Ilustrasi kepribadian. (Pixabay.com/CaiHuuThan/ nanik)

Jika kamu belajar mengenai kepribadian manusia, kamu pasti akan menemukan istilah introvert, ekstrovert, dan ambivert. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui apa saja pengertian dari ketiganya? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Introvert

Introvert adalah jenis kepribadian manusia yangmana dicirikan sebagai orang yang tidak menyukai keramaian. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian daripada berkumpul beramai-ramai dengan banyak orang.  Mereka juga lebih suka melakukan pengamatan terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitarnya, sehingga introvert adalah seorang pengamat yang baik.

Walaupun orang-orang introvert cenderung tertutup pada orang lain, bukan berarti mereka adalah orang yang tidak suka bersosialisasi. Hanya saja mereka akan mencari orang dan tempat yang nyaman untuk dapat menjadi dirinya sendiri.

2. Ekstrovert

Berbeda dengan introvert, orang-orang ekstrovert cenderung lebih terbuka dan menyukai dunia luar. Mereka senang mengeksplorasi kemampuan diri, orang-orang disekitarnya dan lingkungan sekitar. Umumnya mereka cenderung menyukai berkumpul dan berinteraksu dengan orang banyak, sehingga tak heran jika mereka memiliki teman dalam jumlah banyak dan memiliki relasi yang luas. 

Mereka bisa meluapkan perasaannya secara terbuka kepada orang lain dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di berbagai tempat dan situasi. Selain itu, orang-orang ekstrovert adalah orang ceria dan penuh semanat sehingga mereka memiliki banyak energi untk aktivitas tingkat tinggi dan banyak disenangi oleh orang-orang disekitarnya.

3. Ambivert

Jika ekstrovert adalah kebalikan dari inrovert, maka ambivert adalah gabungan antara kedua kepribadian tersebut. Hal ini menjadikan orang ambivert memiliki keseimbangan yang baik karena berada diantara kepribadian introvert dan ekstrovert.

Ambivert bisa beraptasi di lingkungan yang ramai, mampu bersosialisasi dan menjalin relasi yang luas, namun ia juga bisa beradaptasi saat sendirian tanpa orang lain. Mereka akan cenderung mampu menempatkan diri di dua kondisi berbeda tersebut dengan baik.

Karena dua kepribadian yang melekat pada dirinya, terkadang orang lain akan menganggap si ambivert sebagai orang yang moody karena bisa berubah-ubah dalam merespon lingkungan.

Dari ketiga jenis kepribadian tersebut, kira-kira kamu cocok dengan yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak