facebook

7 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Berbohong, Salah Satunya Menggigit Bibir

oce blue
7 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Berbohong, Salah Satunya Menggigit Bibir
Lies, memiliki makna berbohong atau kebohongan. (Pixabay)

Apa pun bentuknya, berbohong adalah sebuah tindakan atau sikap yang tidak sesuai fakta sebenarnya. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang memilih untuk berbohong dan banyak di antaranya bisa dilihat dari tingkah laku atau bahasa tubuhnya.

Berikut ini, tujuh bahasa tubuh yang biasa dilakukan ketika seseorang sedang menyembunyikan kebenaran atau berbohong. Dengan mengetahui ciri-ciri orang yang berbohong, kamu bisa mendeteksi lawan bicaramu yang sedang jujur atau tidak.

1. Merapikan penampilan

Perilaku merapikan penampilan biasanya terlihat pada wanita ketika merasa tidak nyaman untuk menjawab suatu pertanyaan. Mereka akan membetulkan pakaian atau make up mereka di area mata. Gestur ini memungkinkan mereka merasa aman dan tampil lebih percaya diri atas kebohongan kecil yang akan mereka sampaikan.

2. Menyentuh leher

Ketika lawan bicaramu menggosokkan lehernya mungkin terlihat seolah-olah ia benar-benar memikirkan pertanyaan yang kamu berikan. Dalam bahasa tubuh, gerakan ini dapat diartikan bahwa ia tidak sepenuhnya setuju denganmu atau sedang menyembunyikan sesuatu.

3. Memiringkan kepala

Menurut Charles Darwin, manusia akan memiringkan kepala mereka ketika merasa tertarik pada sesuatu. Pembohong juga mungkin akan memiringkan kepala sebagai bahasa tubuhnya saat mencoba mengulur-ulur waktu untuk menjawab suatu pertanyaan yang tidak bisa mereka jawab dengan jujur. 

4.  Berpegangan pada suatu benda

Ketika seseorang sering berbohong, ia akan berada dalam kondisi rentan atau tertekan sehingga membutuhkan pegangan agar lebih stabil. Dia kemungkinan akan berpegangan pada benda-benda di sekitar mereka yang dapat membantu perasaan mereka lebih stabil.

5. Kedua matanya tetap terbuka lebar

Psikologi mengatakan bahwa pembohong tidak akan dapat mempertahankan kontak matanya untuk waktu yang lama. Namun, jika seseorang berbohong dan mencoba untuk memanipulasi untuk percaya pada mereka, maka ia akan mencoba menatapmu tepat di mata untuk membuat diri mereka sendiri tampak dapat dipercaya.

6. Menggigit bibir

Menggigit bibir menjadi bahasa tubuh yang kerap diperlihatkan oleh seseorang yang sedang berbohong. Orang yang terpaksa berbohong sulit berbicara karena mulut mereka menjadi sangat kering. Saat seseorang merasa tertekan, sistem saraf otonom akan menurunkan produksi air liur. Orang yang sedang mengalami hal demikian akan meminum air dengan sangat cepat.

7. Mendongakkan dagu

Orang yang sedang berbohong akan berusaha membuat kata-katanya terdengar kuat sehingga dagunya akan tampil mendongak secara otomatis. Selain keenam bahasa tubuh di atas, mendongakkan kepala juga kerap diperlihatkan seseorang yang tengah berbohong padamu.

Itulah tujuh bahasa tubuh yang menandakan seseorang tengah berbohong padamu. Tujuh perilaku di atas mungkin pernah kamu lihat pada lawan bicaramu atau mungkin saja pernah kamu lakukan ketika kamu berbohong. Jika lawan bicaramu menunjukkan bahasa tubuh seperti di atas, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar ia sedang berbohong.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak