facebook

4 Tips Menghadapi Orang yang Suka Menyombongkan Pencapaian Dirinya

Muhammad Hafizh Ramadhan
4 Tips Menghadapi Orang yang Suka Menyombongkan Pencapaian Dirinya
Ilustrasi orang yang menyombongkan diri sendiri(pexels.com/@mart-production)

Dalam hidup ini, kita tentu pernah bertemu dengan orang-orang yang suka membanggakan pencapaian dirinya. Bukannya membuat kita termotivasi, justru buat kita kesal akan hal itu. Memang kesombongannya itu membuat emosi kita pun naik.

Tapi, emosi dengan orang-orang yang seperti itu hanya buang-buang energi saja dan tidak berguna. Ada beberapa tips untuk menghadapi orang-orang yang suka menyombongkan pencapaian dirinya.

1. Membiarkannya bercerita

Pada saat menghadapi orang yang seperti itu, coba untuk biarkanlah dia bercerita. Orang yang sedang merasa senang atas pencapaian dirinya tersebut kadang lebih suka menceritakan tentang pencapaiannya. Namun, pasti ada kata-kata yang bernada sombong dalam ceritanya itu dan membuat kita kesal.

Meskipun begitu, jangan kamu lawan orang seperti itu kalau tidak mau disebut sebagai orang yang iri. Biarkan saja dia mencurahkan segala kebahagiaan atas pencapaiannya dengan gaya sombongnya itu, hal ini juga akan melatih kesabaran kita.

2. Mengucapkan selamat atas pencapaiannya

Setelah mendengarkannya, kita juga dapat memberikan selamat kepadanya atas apa yang telah dicapai. Walaupun hal ini membuat kita terlihat hipokrit, tapi akan membuatnya merasa dihargai dan akan menjaga hubunganmu dengannya.

Karena meskipun dia itu menjengkelkan, janganlah memutus hubungan pertemanan dengan cara yang tidak baik. Apalagi sampai menceritakan keburukannya kepada orang lain, karena memang tidak ada manfaatnya.

3. Tetap tersenyum

Cobalah untuk tetap tersenyum dan santai, tampakkan kepadanya bahwa kamu tidak goyah dengan apa yang diceritakannya. Bersikaplah dengan tenang, walaupun kamu memang sudah sangat jengkel. Karena kadang orang yang suka menyombongkan dirinya itu hanya mau diakui oleh orang lain, apalagi orang yang tidak bernasib sama dengannya.

Dengan memberikan senyuman, membuat orang itu kesal lantaran kesombongannya tidak berhasil buat kita terpengaruh seperti apa yang diinginkannya.

4. Jangan buktikan dirimu lebih baik darinya

Kamu tidak perlu untuk membuktikan kalau kamu lebih baik darinya. Karena waktumu akan terbuang dengan percuma hanya untuk menghadapi orang yang seperti itu. Lebih baik kamu bisa fokus atas apa yang ingin dicapai. Kamu harus memanfaatkan waktumu dengan sangat baik, karena waktu itu tidak dapat diulang.

Nah, itulah 4 tips untuk menghadapi orang yang suka menyombongkan pencapaian dirinya. Jangan lagi emosi dan buang energimu untuknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak