facebook

3 Hal dalam Hidup yang Sebaiknya Tidak Kamu Tunda, Lakukan Sekarang!

Rizky Melinda Sari
3 Hal dalam Hidup yang Sebaiknya Tidak Kamu Tunda, Lakukan Sekarang!
Ilustrasi berkurangnya waktu. (pexels)

Salah satu pekerjaan yang paling sering dilakukan oleh manusia sekarang adalah menunda. Ada tugas baru dari atasan atau dosen, karena merasa deadline atau tenggat waktunya masih lama, kita cenderung memilih untuk menunda mengerjakannya terlebih dahulu.

Kegiatan menunda jika dibiasakan ternyata dapat berdampak buruk bagi kehidupan kita secara keseluruhan, lho! Senang menunda hanya akan membuat kita menjadi pribadi yang malas dan hanya akan menyesal di kemudian hari.

Masalah menunda sesuatu juga dapat terjadi dalam kehidupan sosial dan pribadi kita. Berikut tiga hal dalam kehidupan sosial dan pribadi kita yang tidak seharusnya ditunda.

1. Meluangkan waktu untuk orang tersayang

Terlalu sibuk dan banyak pekerjaan seringkali menjadi alasan orang tidak memiliki waktu untuk dihabiskan bersama orang tersayang. Orang tua yang terlalu sibuk sampai tidak memperhatikan anaknya, atau seorang anak yang terlalu banyak beraktivitas di kampus sehingga tidak memiliki waktu bersama orang tua.

Jangan menunda kebersamaan bersama orang kamu sayangi. Kita tidak pernah tahu berapa lama seseorang tetap berada di dunia ini. Jangan sampai ketika seseorang menghilang dari hidup kita, kita baru merasa menyesal.

2. Meminta maaf kepada orang lain

Jika kamu berbuat salah pada orang lain, jangan menunggu situasi semakin parah dulu baru meminta maaf. Segera lah meminta maaf karena jika dibiarkan berlarut-larut, hubungan yang sudah terjalin di antara kalian akan terancam bubar begitu saja.

Meminta maaf terlebih dahulu memang terasa berat, tetapi meminta maaf terlebih dahulu juga dapat menyelamatkan suatu hubungan. Jangan tunda sampai keadaan menjadi berlarut-larut.

3. Mencintai diri sendiri dan orang lain

Mencintai orang lain memang tidak salah. Namun, jika kita hanya mencintai orang lain sekuat tenaga tanpa memedulikan diri sendiri, hal ini juga tidak baik. Kita harus bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mulai mencintai orang lain.

Kenali dirimu sendiri, pahami hal-hal yang membuatmu sedih dan bahagia, lalu cintai apa yang ada pada dirimu. Dengan mencintai diri sendiri, kita juga akan merasa senang dan bahagia ketika mencintai orang lain.

Itulah tiga hal dalam hidup yang tidak boleh kamu tunda. Segera lakukan sekarang, agar nantinya tidak ada penyesalan yang tertinggal. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak