facebook

4 Alasan Jangan Menyalahkan Diri Sendiri ketika Belum Bekerja Setelah Wisuda

Rizki Putra
4 Alasan Jangan Menyalahkan Diri Sendiri ketika Belum Bekerja Setelah Wisuda
Ilustrasi bersedih. (pexels.com/Mary Taylor/rizkiputra)

Jika sudah selesai menyelesaikan kuliah, bukan berarti perjalananmu sudah selesai di titik itu saja. Kita tahu bahwa banyak fresh graduate berharap memiliki pekerjaan yang layak selepas wisuda.

Kenyataannya, untuk mendapatkan pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Mungkin ada saja orang di luar sana bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah wisuda. Namun, tentu ada yang belum memperolehnya hingga saat ini.

Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan, pahami 4 alasan jangan sampai menyalahkan diri sendiri ketika berada dalam kondisi tersebut:

1. Gelar bukan jadi jaminan, namun pengalaman justru lebih dibutuhkan

Kalau kamu selama ini berpikir bahwa dengan gelar pendidikanmu dapat lebih mudah memperoleh pekerjaan, itu belum tentu sepenuhnya benar, ya. Ketika kamu belum memiliki banyak pengalaman, misalnya magang, organisasi, pelatihan, dan lainnya, pasti akan lebih sulit mendapatkannya.

Maka dari itu, jangan menganggap gelarmu akan lebih mudah memperoleh apa yang kamu inginkan. Sebaiknya, mulailah untuk memperluas relasi, mengikuti pelatihan atau magang, dan lainnya.

2. Tidak harus idealis ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan gelar

Bekerja tidak harus sesuai dengan bidang jurusanmu. Sebab, banyak orang di luar sana justru bekerja tidak sesuai dengan gelar yang dimilikinya. Hal inilah yang terkadang malah mempersulitmu memperoleh pekerjaan.

Bagi fresh graduate, perlu mempunyai pengalaman yang banyak dalam bidang lainnya sangatlah berguna. Kalau kamu sudah memiliki banyak pengalaman, tidak ada salahnya untuk bekerja sesuai passion yang kamu miliki.

3. Bukan berarti dirimu telah gagal

Jika belum memperoleh pekerjaan bukan tandanya kamu itu orang yang gagal, ya. Mungkin saja yang kamu butuhkan saat ini adalah bekerja lebih keras lagi.

Disaat kamu mencari pekerjaan, maka cobalah untuk mengikuti kursus, ikut serta dalam komunitas, dan mengerjakan sesuatu hal yang bermanfaat agar meningkatkan kemampuan dirimu.

4. Jangan terus menyalahkan diri sendiri, sebab rezeki bisa datang kapan saja

Bukanlah hal yang bijak kalau kamu terus-menerus menyalahkan diri sendiri atas kondisimu saat ini. Bagaimanapun juga, itu tidak akan mengubah keadaan.

Hal yang wajib dilakukan olehmu adalah jangan patah semangat dan terus berusaha lagi. Percayalah bawa Tuhan akan memberikan jalan terbaik untukmu dikemudian hari.

Jadi, apabila saat ini kamu masih berusaha mencari pekerjaan, maka akan selalu ada jalan terbaik untuk masa depanmu. Kamu wajib percaya sama hal itu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak