facebook

Tips Meningkatkan Kualitas Diri Bagi Perempuan, Kalau Menurutmu Bagaimana?

Nanik Writer
Tips Meningkatkan Kualitas Diri Bagi Perempuan, Kalau Menurutmu Bagaimana?
Ilustrasi perempuan cerdas. (Pixabay.com/Katya_Ertshova/nanik)

Menjadi seorang perempuan tidaklah mudah. Penuh rintangan dan kerikil tajam yang harus dilewati sepanjang hidupnya. Tuntutan dan tekanan seringkali menimpa para perempuan dengan berbagai stigma negatif yang melekat padanya.

Padahal, jaman sekarang perempuan harusnya sudah merdeka dan bebas mengekspresikan dirinya, tidak lagi terkekang seperti jaman penjajahan.

Adanya stigma negatif yang terus merundung perempuan, nyatanya membuat tak sedikit perempuan menjadi pesimis dan inferior. Tak mau lagi unjuk gigi di muka publik, tak berani mengeluarkan suara, tak berani menelurkan pemikiran-pemikiran hebat yang ada di kepala.

Berangkat dari kegundahan para perempuan dalam menghadapi gempuran tantangan yang terus menerus datang inilah, muncul gerakan feminisme sebagai wujud protes akan adanya ketidakadilan gender. Walaupun sudah gencar di sosialisasikan, paham ini tak sepenuhnya dipahami dan dipatri di masing-masing perempuan.

Oleh karenanya, kita sebagai perempuan yang melek dengan pentingnya keadilan gender harus bisa unjuk gigi. Harus bisa menunjukkan pada dunia bahwa perempuan itu mampu menjadi tangguh dan hebat. Harus mampu menunjukkan bahwa perempuan itu layak dihargai dan mendapatkan kedudukan yang setara dengan laki-laki. 

Untuk mencapai tujuan itu, maka perempuan harus mampu mengubah pola pikir dan harus memiliki kemauan untuk maju dengan cara mengembangkan diri. Lalu, sudahkah kamu tahu hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjadi perempuan berkualitas? Jika belum, silahkan simak tips berikut ini!

1. Menerima diri sendiri

Perempuan harus bisa mengakui dan menerima keadaan dirinya beserta berbagai hal yang melekat padanya sebagai satu keunikan dirinya yang khas.

Dengan begitu perempuan akan percaya diri dalam menghadapi hari-hari yang yang memang tidaklah selalu mudah.

2. Dengarkan suara hati

Jangan pernah mengabaikan apa kata hatimu. Karena  hanya kata hatimu saja yang benar-benar jujur, bukan orang lain. Jangan mudah terpengaruh dan tetaplah memiliki prinsip hidup agar kamu tidak mudah ditumbangkan oleh badai kehidupan.

3. Selalu belajar hal baru

Tingkatkan kualitas dirimu dengan terbuka pada pengalaman dan ekplorasikan hal-hal baru yang kamu temui. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk belajar apapun walaupun terkadang terkesan remeh.

Dengan begitu, kamu akan semakin bertumbuh setiap harinya. Karena hanya dengan pengetahuan, kamu mampu merubah dunia.

4. Rawatlah dirimu

Rawat dan cintailah dirimu sendiri. Jaga pola hidup sehat dengan olahraga, makan teratur, dan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya.

Jangan lupa pula untuk selalu merawat diri dengan memakai skincare yang bisa memanjakan dirimu dan memancarkan aura cantikmu. 

5. Berani speak up

Beranilah untuk angkat bicara dan menyumbangkan kritik serta saran yang membangun. Jangan hanya menjadi pengekor di belakang orang lain. Karena kamu harus bisa menjadi perempuan yang independen dan mampu berdiri sendiri.

Demikian 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Selalu ingat bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan yang berkualitas dengan segudang pengetahuan dan kepribadian yang melkat pada dirinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak