facebook

4 Cara Mencegah Melakukan Hubungan Seks Sebelum Menikah

Keza Felice
4 Cara Mencegah Melakukan Hubungan Seks Sebelum Menikah
Ilustrasi pasangan kekasih (Unsplash/Muhammadh Saamy)

Ketika menjalin hubungan asmara tentunya kamu ingin mengenal pasangan lebih dari orang lain. Ada kalanya kamu bukan hanya mengenal sifat dan karakternya saja, tetapi juga pikiran ‘nakal’ pasangan yang mungkin sering kali muncul. Hal tersebutlah yang tanpa disadari dapat menjerumuskan banyak pasangan ke dalam hubungan di luar kewajaran. 

Nah, untuk kamu yang memang berpegang teguh pada prinsip tidak melakukan seks sebelum menikah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selagi keempat hal ini dapat kalian sepakati bersama.

1. Jangan Kencan di Tempat yang Sepi

Saat kamu pacaran, cobalah untuk memilih tempat kencan yang nyaman dan aman. Akan tetapi, hindari pacaran di kamar ataupun tempat sepi. Carilah tempat kencan yang sekiranya ramai serta bukan hanya ada kamu dan dia saja di sana. Jangan mencoba untuk mengetes kekuatan iman diri sendiri. Sebab terkadang kamu bisa lebih mudah jatuh dalam perbuatan yang tak baik. 

Oleh karenanya, akan lebih baik bila kamu memilih tempat pacaran ataupun kencan seperti di kafe, mall, tempat wisata, dan bisa juga dengan jalan bareng para sahabat. Dengan begitu, kamu dan dia tidak akan berpikiran yang mengarah ke hubungan seksual seperti halnya saat berduaan dan minim pengawasan orang lain.

2. Mengisi Kegiatan Pacaran dengan yang Positif

Kamu bisa menghindari seks sebelum menikah dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif. Dengan begitu, kamu tidak punya kesempatan untuk berpikiran negatif dan melakukan hubungan seks saat sedang pacaran. Kamu bisa melakukan bakti sosial, traveling bersama teman, atau juga melakukan kegiatan membantu sesama dan masih banyak lagi.

Yang jelas, kamu dan dia harus melakukan kegiatan yang tidak membuat kalian teringat tentang seks. Sebab pacaran itu bukan sekadar ketemuan, nonton film, atau makan bareng saja. Namun, banyak kegiatan positif yang sebenarnya bisa kalian lakukan untuk meningkatkan ‘nilai’ kalian bersama. Bahkan, kamu dan kekasih juga bisa melakukan bisnis bersama lho! 

3. Membatasi Sentuhan Fisik

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk mencegah hubungan seks sebelum nikah adalah dengan membatasi sentuhan fisik. Hal ini sangat penting dilakukan agar kalian tidak “kesetrum” dan akhirnya melakukan hal yang di luar batas wajar. Tak dapat dimungkiri bahwa terkadang sentuhan secara fisik menjadi salah satu bentuk rangsangan seksual. Karenanya kalian harus membatasi bersentuhan secara fisik dengan pasanganmu. 

Kamu harus menghindari sentuhan yang bisa membuat kalian berdua merasa bergairah. Misalnya saat pelukan ataupun ciuman kening membuatmu merasa bernafsu, maka jangan lakukan hal tersebut. 

4. Utarakan Niat Bahwa Tak Akan Melakukan Seks Sebelum Nikah

Supaya kekasihmu bisa memahami apa yang kamu inginkan, sebaiknya kamu mengutarakan secara jelas bahwa tidak mau melakukan hubungan seks sebelum menikah dengannya. Hal tersebut bertujuan agar dia bisa menghargai dan memahami prinsip yang kamu miliki. Apabila dia memang mencintai kamu, tentu saja dia akan menurutinya. Namun, bila dia hanya pengin ‘senang-senang’ bersamamu, mungkin dia akan terus merayu atau justru meninggalkanmu tanpa sebab yang jelas. 

Sebaiknya kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk  menghindari hubungan seks bersama dengan pacar sebelum menikah. Dengan begitu kalian akan terjaga dan tidak terjerumus dalam hubungan asmara yang merugikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak