facebook

4 Tips Menghadapi Orang yang Membencimu, Jangan Balas Bersikap Buruk

Keza Felice
4 Tips Menghadapi Orang yang Membencimu, Jangan Balas Bersikap Buruk
Ilustrasi Pertemanan (Unsplash/Nicolas Lobos)

Sepertinya di dunia ini tidak akan ada orang yang sepenuhnya buruk, tapi tidak pula sepenuhnya baik. Setidaknya, sebaik-baiknya orang pasti dia mempunyai sisi buruk dan berlaku juga sebaliknya. Oleh sebab itulah kamu tak bisa menghindari kebencian dari orang lain kepada dirimu. Meskipun kamu selalu berusaha bersikap baik, tapi tak menutup kemungkinan ada orang yang membencimu. 

Apabila memang seperti itu, maka kamu harus tahu beberapa tips menanggapi orang yang membenci kamu berikut ini!

1. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Sebaik apapun kamu, tapi kamu akan tetap salah dan tidak pernah ada benarnya di mata orang yang memang  membencimu. Biasanya orang-orang seperti itu selalu membuat banyak tuntutan padamu. Pada intinya kamu selalu saja salah dan tidak pernah membuat mereka merasa nyaman ataupun puas. Karena itulah sebaiknya kamu tidak usah mengikuti perkataan orang yang membencimu. 

Biasanya dia hanya ingin membuat kamu lebih susah dan sengsara. Dia juga hanya mau membuat kamu terlihat menyedihkan dan malu. Parahnya lagi, dia akan merasa bahagia di atas kesengsaraanmu. Oleh sebab itulah, kamu harus tetap percaya diri dan menjadi diri sendiri. Tampilkan saja kebahagiaanmu karena di saat itulah batinnya akan merasa tersiksa dan sengsara.

2. Tetaplah Bersikap Baik Padanya

Meskipun orang lain terus-menerus membenci dan menyalahkan setiap tindakanmu, tapi tetaplah berbuat baik kepadanya. Yakinlah bahwa Tuhan mempunyai jalan terbaik untuk membuat kamu merasa senang walaupun bukan melalui orang tersebut. Bahkan, bisa saja Dia memberikan kedamaian di antara kalian berdua, walaupun kalian tidak tahu kapan waktu itu akan terjadi.

3. Jangan Pernah Membuat Mereka Merasa Puas

Kamu berhak bahagia dengan jalan hidupmu sendiri. Karenanya kamu tidak perlu susah payah memuaskan ekspektasi orang-orang yang memang membencimu, sebab hal semacam ini hanya akan membuat kamu semakin lupa terhadap dirimu sendiri. Jadi, berhentilah mengikuti setiap tuntutan dan kemauan mereka karena kamu berhak memilih jalan mana yang ingin dilalui.

Jika kamu terus memuaskan mereka, kamu tidak akan pernah selesai. Sebab mereka akan terus memberikan tuntutan tak beralasan. Kamu tidak perlu melupakan kebahagiaanmu hanya demi memenuhi keinginan orang yang justru membencimu.

4. Jangan Dengarkan Mereka

Selain menjadi diri sendiri kamu juga tak perlu terlalu mendengarkan perkataan orang-orang yang membencimu. Karena apapun yang mereka ucapkan biasanya akan membuatmu merasa sakit. Bahkan itu hanya secuil dari unek-unek mereka kepadamu. Dan tentu saja mereka tidak mempedulikan perasaanmu dan juga tidak mau tahu tentang perbuatan baik yang telah kamu lakukan. 

Jangan sampai kamu membalas dendam pada orang yang tidak menyukaimu, ya! Jika ada orang yang membencimu, itu merupakan hal yang wajar karena tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi sikapi mereka dengan beberapa hal tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak