facebook

Gampang Kok! Inilah Tips Jadi Orang yang Lebih Percaya Diri

Riza Agustian
Gampang Kok! Inilah Tips Jadi Orang yang Lebih Percaya Diri
ilustrasi malu. (Pexels.com/daniel-reche/rizaaugust)

Kepercayaan diri memang merupakan suatu yang penting untuk diperhatikan, tanpa rasa percaya diri mungkin kebanyakan orang tidak akan bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Bahkan kurangnya percaya diri bisa membuat kamu jadi lebih mudah minder, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut 3 tips jadi orang yang lebih percaya diri:

1. Cintai Dirimu Sendiri

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lebih terlihat percaya diri adalah dengan mencintai diri sendiri. Mungkin terlihat sederhana tapi tidak semua orang menyadarinya dan bahkan kebanyakan orang terlalu sibuk memikirkan kebahagian orang lain sehingga lupa dengan diri sendiri. 

Bila kamu bisa lebih mencintai dirimu sendiri maka secara otomatis kamu akan bisa bersahabat dengan apa yang kamu miliki, menerima segala kekurangan yang ada pada dirimu. Kamu hanya berpikir tentang dirimu sendiri dan kamu akan menemukan cara agar bisa membuat dirimu selalu dalam keadaan bahagia meski dengan hal-hal yang sederhana. 

2. Jadi Diri Sendiri

Sering kali kita temukan bahwa orang ingin berubah jadi lebih baik namun dengan merubah dirinya menjadi orang lain. Mungkin agar terlihat lebih keren, lebih dipandang bagus oleh orang lain. Tapi itu sama sekali tidak ada artinya karena kamu tidak percaya dengan apa yang ada pada dirimu sendiri.

Alangkah lebih baik jika kamu menjadi dirimu sendiri dan kamu tidak perlu meniru kepribadian orang lain. Berusahalah untuk tampil apa adanya tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain, apabila kamu bisa memaksimalkan apa yang ada pada dirimu maka dengan sendirinya kepercayaan diri itu akan muncul.

3. Fokus Pada Kelebihanmu

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan yang terkadang mereka sendiri tidak menyadarinya, entah itu karena mereka tidak percaya pada kualitas diri atau faktor lainnya. Namun, sangat penting bagi kamu untuk menggunakan kelebihanmu sebaik mungkin agar membantumu untuk lebih percaya diri.

Sebagai contoh, kamu suka dunia tarik suara maka kamu bisa mengasah kemampuan bernyanyi dengan mempelajarinya dengan orang yang menguasai bidang tersebut. Fokus pada kelebihanmu akan membuatmu lebih bisa menghargai bahwa kamu sebenarnya mempunyai sesuatu yang bisa dibanggakan.

Itulaah cara untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Semoga membantu! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak