facebook

5 Cara Berprasangka Baik kepada Orang Lain, Jangan Menghakimi

Muhammad Hafizh Ramadhan
5 Cara Berprasangka Baik kepada Orang Lain, Jangan Menghakimi
Ilustrasi dua wanita sedang tertawa.[Pexels]

Di hidup ini kalau kamu mau berhubungan baik dengan orang lain maka kamu harus membiasakan berprasangka baik kepada orang lain. Berikut ini ada sejumlah cara berprasangka baik kepada orang lain agar hidupmu berjalan lancar dan damai.

1. Melihat niat baik orang

Dengan melihat niat baik seseorang, akan muncul prasangka baik pada diri kita dan bukan perasaan curiga terhadap orang tersebut. Perasaan curiga kepada orang lain hanya akan membuat kita menjadi cemas dan takut.

Saat kamu mencurigai seseorang, coba untuk tenangkan dirimu dan pergilah ke tempat yang nyaman bagimu untuk bernafas. Hal ini dapat membuat rasa curigamu kepadanya berkurang.

2. Jangan menghakimi orang lain

Salah satu cara untuk berprasangka baik kepada orang adalah dengan menanamkan rasa empati pada dirimu sendiri. Sehingga kamu tidak akan mudah menghakimi orang dan berprasangka buruk terhadapnya.

Dengan bersikap empati membuatmu dapat merasakan apa yang sedang dirasakan orang tersebut, dan nantinya prasangka buruk kamu kepadanya akan hilang.

3. Menjadi pendengar yang baik

Belajar untuk mendengarkan orang lain juga merupakan cara agar kamu bisa berprasangka baik. Hal ini juga mempunyai manfaat untukmu, kamu bisa memperoleh informasi atau pengetahuan baru karena mampu memahami apa yang orang lain bicarakan.

Sehingga kamu tidak salah paham kepadanya, maka latihlah dirimu untuk bisa mendengarkan orang dengan baik lagi. Karena kalau kamu tidak mendengar apa yang disampaikan orang tersebut secara utuh, justru itu yang akan menimbulkan prasangka buruk kepadanya.

4. Melihat kebaikan orang lain

Coba untuk melihat dan mengingat hal baik apa yang telah dilakukan orang itu. Jadi jangan selalu melihat orang lain dengan kesalahan yang diperbuatnya terus, hal itu akan membuatmu kian mempunyai prasangka buruk kepadanya. Ingatlah jangan memikirkan atau mengingat kesalahan-kesalahannya, tapi lihatlah hal-hal yang baik dari orang tersebut.

5. Jangan mencela orang lain

Jangan suka mencela orang lain, kamu harus belajar untuk menghargainya. Coba untuk berhenti mencela, baik itu dari fisik orang tersebut atau hal lain tentangnya. Karena setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Maka jagalah lisan dan hatimu untuk tidak mencela orang lain, sehingga dirimu bisa berprasangka baik kepada siapa pun. Itulah lima cara berprasangka baik kepada orang lain, tetap jaga hubunganmu dengan siapa saja ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak