facebook

6 Hal yang Harus Kamu Prioritaskan saat Terima Gaji, Jangan Lupakan Hutang

Mutami Matul Istiqomah
6 Hal yang Harus Kamu Prioritaskan saat Terima Gaji, Jangan Lupakan Hutang
ilustrasi mengelola uang gaji.[Pexels/Karolina Grabowska]

Ketika baru menerima uang gaji, seringkali merasa kalap dan bukan hal sulit untuk menghabiskannya hanya dalam waktu singkat. Padahal, uang tersebut sudah dicari selama satu bulan dan banyak menguras energi. Entah itu untuk belanja kesenangan maupun makan-makan. Kalau sudah begitu, tanggungan bisa terabaikan. 

Padahal, bekerja adalah untuk menyambung hidup dari satu hari ke hari lain. Kalau tidak bisa membantu orang, setidaknya tidak menyusahkan orang. Kita harus memiliki rasa gengsi untuk bergantung kepada orang lain, sehingga memiliki motivasi yang kuat untuk menggunakan uang sebijak mungkin.  Nah, enam hal di bawah ini adalah yang harus kamu utamakan saat gajian.

1. Membayar hutang

Ketika kita memiliki hutang dengan seseorang, tidak ada alasan untuk tidak mengembalikan. Ingat, kita meminjam bukan meminta. Jangan merasa sayang untuk membayar hutang kepada seseorang, karena orang tersebut sudah berbaik hati mengizinkan uangnya dipakai untukmu terlebih dulu. 

Kalau sudah melewati masa gajian kamu belum membayar hutang, uangmu akan terpakai untuk kebutuhan yang lain. Akhirnya, terbengkalai. Banyak dampak buruk dari membiarkan hutang terbengkalai, dari tidak enak dengan teman sampai akhirnya tidak lagi dipercaya. 

Jadi, saat baru menerima gaji, alangkah lebih baik untuk menyisihkan terlebih dulu untuk membayar hutang kepada orang lain.

2. Membeli stok kebutuhan pokok

Kebutuhan pokok juga merupakan salah satu yang harus langsung dibeli saat menerima gaji. Memang, seringkali merasa sayang karena mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini. Namun perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan tersebut adalah untuk bertahan hidup selama satu bulan. 

Membelanjakan semua kebutuhan pokok saat baru gajian memberi beragam manfaat. Misalnya, menghindari kebingungan akhir bulan saat tidak punya uang dan menjadikan sisa keuangan bersih menjadi lebih jelas sehingga bisa memperhitungkannya untuk yang lain dengan lebih bijak. 

Untuk membelanjakan kebutuhan satu bulan, harus dengan perencanaan awal. Harus benar-benar di catat, dan setiap apa-apa yang kurang dalam sebulan, harus menjadi catatan agar bulan berikutnya ditambah stoknya. Jadikan setiap bulan pembelajaran untuk belanja kebutuhan pokok di bulan selanjutnya. Kalau sudah memiliki pasangan, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan pasangan.

3. Membayar cicilan

Membayar cicilan misalnya cicilan rumah, sewa rumah, cicilan motor/elektronik, tagihan listrik dan air, dan sebagainya, lebih baik dibayarkan saat baru gajian. Hal ini bertujuan agar uang tidak terpakai untuk hal lain.

Apalagi jika memiliki cicilan, maka harus diutamakan agar tidak menunggak. Kalau sudah menunggak harus siap-siap dikunjungi debt collector menagih ke rumah, hal itu bisa membuat malu ditambah banyak denda pula. Kalau sampai menunggak bayar kontrakan juga pasti tidak enak hati dengan pemiliknya, bukan? 

4. Menabung

Sisa uang yang sudah dipakai membeli kebutuhan pokok selama satu bulan, membayar hutang dan cicilan, jangan lupa selipkan beberapa rupiah untuk ditabung. Menabung kan tidak harus banyak, bahkan bisa diambil dari sisa belanja harian. Suatu waktu kamu memiliki kebutuhan tambahan biaya mendesak, kamu bisa memakai tabungan tersebut. Bahkan, tabungan yang sedikit demi sedikit dikumpulkan bisa bermanfaat sampai jangka panjang, tabungan untuk sekolah anak, misalnya.

5. Berbagi

Ketika sedang memiliki uang, jangan lupa untuk berbagi dengan orang lain. Misalnya dengan orang tua. Meskipun orangtua tidak mengharapkan, tapi tidak ada salahnya jika kita memberikan. Atau kepada pengemis yang biasanya di lampu merah, badut, pengamen jalanan, mengisi kotak amal, berbagi dengan anak yatim, dan yang lainnya. Berbagi dengan orang lain menghindarkan kita dari sifat tamak dan membuat rezeki yang kita miliki lebih berkah.

6. Mengatur keuangan sampai gajian berikutnya

Setelah beres pengeluaran sana dan sini, saatnya berhemat agar uang gajian bulan ini cukup sampai bulan berikutnya. Berapa rupiah uang yang tersisa harus benar-benar diperhatikan dan dibagi 30 hari. Sehingga pengeluaran harian kita bisa terkontrol dengan baik dan menghindari hutang (lagi).

Itulah enam hal yang wajib kamu prioritaskan saat gajian. Semoga kamu bisa mengelola keuanganmu dengan bijak. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak