facebook

4 Cara Menumbuhkan Body Positivity, Jamin Bikin Enggak Minder Lagi!

Muhammad Hafizh Ramadhan
4 Cara Menumbuhkan Body Positivity, Jamin Bikin Enggak Minder Lagi!
Ilustrasi wanita sedang melihat cermin (pexels.com/@olly)

Sebagian orang mungkin merasa penampilan tubuhnya tidak ideal dengan standar yang ada di masyarakat. Hal itu membuat kita jadi suka mengeluh, selalu melihat kekurangan pada diri, dan sampai tidak suka melihat diri sendiri di cermin saat berkaca. Sikap yang selalu berpikir negatif seperti itu semakin membuat kepercayaan diri menurun dan akan berdampak bagi kesehatan.

Alangkah baiknya kamu bisa menerapkan body positivity, yaitu sikap bagaimana kita bisa menanamkan pola pikir yang positif bahwa siapapun berhak mempunyai pandangan baik atas tubuhnya. Perasaan minder atau stres karena bentuk tubuh sendiri bisa dicegah dengan body positivity, berikut 4 cara menumbuhkan body positivity dalam dirimu.

1. Ubah pola pikir jadi lebih positif

Pernah enggak kamu mengatakan “Seandainya kulit aku putih, aku pasti cantik”. Nah, mulai sekarang coba mengubah pola pikirmu itu jadi lebih positif. Kamu juga harus ingat kalau kecantikan itu bersifat relatif. Memang mungkin menurutmu bentuk tubuh atau warna kulitmu kurang bagus, tapi bisa jadi semua orang tidak menganggapnya demikian.

Contohnya, di Amerika Serikat orang lebih menyukai warna kulit yang eksotis. Itu dikarenakan di setiap negara mempunyai standar kecantikan yang berbeda-beda.

2. Pikirkan kesehatan tubuh, bukan cuma penampilan saja

Kadang kita lupa dengan kesehatan tubuh karena standar kecantikan di masyarakat yang hanya melihat dari penampilan luarnya saja. Bahkan, sampai melakukan diet ekstrem agar cepat kurus, tapi justru jadi membahayakan kesehatan.

Coba ubahlah mindset kita agar enggak hanya memikirkan penampilan luar saja, tapi juga peduli dengan kesehatan tubuh. Itu bisa dimulai dengan rutin dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan medical check up.

3. Kelilingi diri dengan lingkungan yang suportif

Lingkungan itu juga akan membentuk bagaimana kualitas diri kita, jauhilah lingkungan yang toxic dan tidak baik bagimu. Lingkungan yang dimana kita tidak dapat berkembang dan bahkan ikut menyeret ke jalan yang negatif.

Coba untuk kelilingi dirimu dengan teman-teman yang positif dan juga mempunyai mimpi yang sama, serta lingkungan suportif yang selalu mendukungmu jadi lebih baik.

4. Fokus kepada kelebihan bukan kekurangan

Setiap orang tentunya punya kelebihan dan kekurangan, namun ada orang yang hanya berfokus pada kekurangan dirinya saja. Kekurangan yang membuatnya menjadi minder dan tidak percaya diri.

Coba untuk lebih melihat kelebihan dari diri kamu dibandingkan dengan kekurangan, kamu bisa memulainya dengan membuat catatan tentang kelebihanmu, Baik dari fisik sampai keahlianmu. Lalu bacalah catatan itu saat kamu merasa tidak berharga.

Itulah empat cara menumbuhkan body positivity dalam dirimu, yuk cintai diri sendiri!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak