facebook

3 Tanda Mentalmu Mulai Lemah, Salah Satunya Mudah Lelah

oce blue
3 Tanda Mentalmu Mulai Lemah, Salah Satunya Mudah Lelah
Seorang wanita yang sedang bersedih.[Pexels]

Apakah mental kita bisa melemah? Tentu saja bisa. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah kita menghadapi berbagai masalah berat yang terus datang. Masalah mengenai sekolah, tempat kerja, keluarga, teman, bahkan lingkungan. Ada tiga tanda di bawah ini yang menunjukkan bahwa mentalmu melemah. 

1. Mudah lelah

Ciri pertama bahwa mentalmu melemah adalah mudah lelah. Meskipun pekerjaan fisik yang mereka lakukan tidak terlalu banyak, tapi mereka sangat mudah kelelahan. Hal ini dikarenakan banyaknya pikiran yang terus bersarang di dalam otak kita. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh dengan kondisi kita. 

2. Hilangnya motivasi

Merasakan segalanya terasa biasa saja. Ketika dulu sangat menyukai hobinya, tapi sekarang sama sekali tidak tertarik. Jika dirimu mengalami hal demikian, kemungkinan bahwa kesehatan mentalmu dalam kondisi yang lemah. Mood naik turun, tidak ada ketertarikan untuk melakukan suatu hal, dan jika diberi motivasi tidak berefek.

3. Hilangnya konsentrasi

Hal ini disebabkan salah satunya karena masalah yang datang bertubi-tubi. Meski sedang banyak sekali pekerjaan yang harus kamu kerjakan dalam waktu dekat, tapi kamu tidak bisa konsentrasi untuk mengerjakannya. Pikiran ke mana-mana dan seolah kepala kita sudah penuh memikirkan segala permasalahan.

Meski kamu merasakan ketiga ciri atas, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi seperti sebelumnya. Merasa bahagia, tertawa, menikmati hidupmu, dan melakukan hobi yang kamu sukai. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa hal sederhana supaya mentalmu tidak terus-terusan melemah.

1. Lakukan me time sesekali. Dengan melakukan hal ini, pikiranmu terasa lebih ringan. 

2. Beribadah lebih rajin. Segala hal baik yang kita temui tidak pernah luput atas bantuan Tuhan Yang Maha Esa. 

3. Baca buku motivasi. Ini juga sangat bermanfaat untuk dilakukan. Dengan membaca buku motivasi, lama-kelamaan motivasi hidup yang seakan hilang akan kembali tumbuh.

4. Berpikirlah positif. Percaya pada dirimu sendiri bahwa segala kesulitan yang sedang kamu alami pasti akan terselesaikan. Optimis dan ingat bahwa segala masalah pasti ada jalan keluarnya.

Itulah tadi tanda jika mental melemah beserta solusinya. Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu dari kesulitan yang sedang kamu alami.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak