facebook

5 Self Care Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Dirimu, Tertarik Mencoba yang Mana?

Rizky Melinda Sari
5 Self Care Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Dirimu, Tertarik Mencoba yang Mana?
Ilustrasi bersepeda. (pexels)

Self care atau peduli pada diri sendiri merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Banyak yang akhirnya merasa stres hingga berujung depresi karena kurangnya rasa peduli pada diri sendiri. Kita harus pandai menghargai dan peduli pada diri sendiri.

Mudahnya media sosial mempengaruhi kehidupan kita sedikit banyak ikut berdampak pada kondisi kesehatan mental kita. Ada baiknya jika kita mulai mengurangi penggunaan media sosial dan kehidupan sehari-hari.

Berikut lima bentuk self care yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan mental kamu.

1. Jogging atau lari pagi

Cobalah untuk bangun sedikit lebih pagi, hirup udara segar, pakai sepatu larimu, dan cobalah untuk berlari kecil di pagi hari. Udara yang sejuk dan langkah yang ringan akan membantumu rileks. Jogging atau lari pagi dapat membantumu tetap sehat secara fisik dan mental. Tanpa kamu sadari, lari pagi merupakan salah satu bentuk self care juga, lho!

2. Bersepeda

Jika kamu tipe orang yang tidak suka lari, kamu bisa coba alternatif self care lainnya, seperti bersepeda. Gerakan atau aktivitas fisik seperti bersepeda juga dapat membuat tubuh dan pikiran kamu rileks. Bunyi derit sepeda di jalan yang sunyi akan membuat kamu damai dan tenteram.

3. Senam atau menari

Untuk kamu yang lebih senang beraktivitas di dalam ruangan, kamu tetap bisa berolahraga. Kamu bisa memilih antara senam atau menari. Cari ruangan dalam rumahmu yang agak luas, mulailah senam dengan musik sederhana atau menari sesuai dengan lagu kesukaan kamu.

4. Menonton atau mendengarkan musik

Bentuk self care lain selain olahraga adalah menjaga mood tetap baik. Salah satu caranya dengan menonton film atau mendengarkan musik favorit. Film dan musik favorit dapat membuat kamu melupakan hal lain sejenak dan hanya berfokus pada satu hal saja. 

5. Me Time

Bentuk self care lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan me time. Jika menonton atau mendengarkan musik merupakan self care yang umum dan mungkin bisa dilakukan semua orang, me time adalah hal yang spesifik yang memang kamu sukai.

Kamu bisa menulis jurnal atau diari, menghabiskan waktu dengan memandang alam, membaca komik dan novel, atau melukis. Semua tergantung dengan hobi dan keinginanmu sendiri.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk self care untuk dirimu sendiri. Ingat, sebelum membahagiakan dan memedulikan orang lain, kamu harus peduli pada dirimu sendiri terlebih dahulu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak