facebook

4 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Keputusan, Bisa Pengaruhi Masa Depan

Rizki Putra
4 Pentingnya Mempertimbangkan Risiko Sebelum Mengambil Keputusan, Bisa Pengaruhi Masa Depan
Ilustrasi berpikir (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Menjalani kehidupan akan selalu dihadapkan dengan dua hal yang berbeda. Namun sayangnya, tidak semuanya akan memberikan dampak positif untuk ke depannya. Oleh karena itu, kita perlu lebih waspada jangan sampai salah mengambil keputusan, agar dapat meminimalisir risiko buruk.

Bagaimanapun juga, setiap pengambilan keputusan pasti ada konsekuensinya. Nah, sudah semestinya kita harus paham dan teliti akibat dari pilihan-pilihan tersebut. Berikut ini 4 alasan penting kamu perlu mempertimbangkan risiko dengan matang sebelum mengambil keputusan.

1. Waktu tak dapat kamu putar kembali

Waktu merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hidup kita, terlebih saat mengambil keputusan. Sebab, waktu tidak dapat kamu putar kembali ke belakang. Nah, itulah alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan setiap keputusan yang ingin kamu ambil.

Kalau kamu salah mengambil keputusan, bisa berujung penyesalan ke depannya karena risiko yang kamu dapat. Bagaimanapun juga, keputusan yang kamu ambil akan berpengaruh terhadap masa depanmu kelak.

2. Tidak semua pilihan yang ada selalu baik

Hidup yang kita jalani adalah sebuah pilihan. Semua kembali kepada diri masing-masing, mau ke arah mana kita untuk melangkah. Namun, tidak semua pilihan yang ada selalu baik, ya. Sebab, kamu tentu akan menemui pilihan yang terlihat baik, karena sebenarnya justru menjerumuskanmu, lho.

Karena kondisi tersebut, sudah seharusnya kita perlu berpikir matang sebelum mengambil keputusan. Jika keputusan yang kamu pilih asal-asalan, segala risiko akan bisa terjadi.

3. Salah mengambil langkah akan berakibat fatal

Kita semua sudah paham bahwa perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Oleh kareha itu, kita perlu lebih cermat supaya tidak terjerumus dalam pilihan yang justru merugikan diri sendiri.

Semua itu dilakukan demi kebaikan diri sendiri untuk masa depan. Jika kamu salah langkah, pasti akan berakibat fatal. Jangan sampai kamu salah mengambil keputusan yang justru menjebakmu dengan banyak masalah yang harus dihadapi.

4. Melangkah tampa mengetahui risiko sama saja berjalan dalam kegelapan

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap keputusan akan selalu ada konsekuensinya. Hal ini bisa bersifat positif maupun negatif. Namun kalau masih menganggap sepele terhadap konsekuensi yang sedang dihadapi, justru akan membahayakan dirimu sendiri, lho.

Mengambil langkah tanpa mengetahui risikonya sama saja berjalan dalam kegelapan. Hal ini akan membahayakanmu dan lebih mudah mengalami kegagalan.

Setiap keputusan yang kita ambil, pasti ada konsekuensi yang harus kita hadapi. Kalau kamu selama ini masih sering tidak mempertimbangkan risiko terhadap keputusan yang ingin diambil, sudah seharusnya kamu memperbaiki diri. Jangan sampai kamu terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak