facebook

4 Hal yang Wajib Kamu Hindari Saat Ingin Mengembangkan Kualitas Diri

Rizki Putra
4 Hal yang Wajib Kamu Hindari Saat Ingin Mengembangkan Kualitas Diri
Ilustrasi menggambar digital (pexels.com/ANTONISHKRABA

Memiliki kualitas diri yang baik sangat membantu mengubah hidupmu. Misalnya saja mengembangkan hard skill dan soft skill yang selalu ditingkatkan. Sehingga, kamu memiliki kemampuan untuk menunjang impianmu dapat terwujud.

Kita tahu bahwa meraih kualitas diri yang baik tidak mudah untuk diperoleh. Oleh karena itu, setidaknya kamu perlu menghindari 4 hal di bawah ini selama proses penengembangan kualitas diri.

1. Bermain handphone tanpa memiliki tujuan yang jelas

Bermain handphone tanpa ada tujuan yang jelas justru menimbulkan rasa malas di dalam diri, salah satu penyebabnya adalah terlalu lama membuka media sosial. Sehingga, pikiranmu jadi teralihkan kesana dibandingkan mengerjakan skill yang sedang kamu ingin tingkatkan.

Maka dari itu, kamu perlu merubah kebiasaan tersebut dan berikan batasan yang wajar. Perlu diingat bahwa kamu sedang memiliki tujuan hidup yang saat ini ingin kamu gapai.

2. Tidak menggunakan waktu istirahat dengan baik

Supaya bisa menyerap ilmu dengan baik, kamu harus fokus dalam belajar. Maka dari itu, perlu memiliki kondisi fisik yang prima untuk memperolehnya.

Namun sayangnya, hal tersebut akan sulit didapatkan bagi mereka yang tidak menggunakan waktu istirahat dengan baik. Sebab, kebiasaan begadang justru waktu beraktivitasmu jadi sedikit. Hindarilah kebiasaan tersebut kalau kamu berniat serius meningkatkan kualitas diri.

3. Mudah puas saat berhasil menguasai satu hal saja

Kalau kamu berniat serius meningkatkan kualitas diri, maka hindarilah sikap yang gampang puas. Sebab, hal ini justru menurunkan totalitasmu dalam berjuang. Itu terjadi ketika kamu telah berhasil menguasai satu hal saja, namun sudah menyombongkan diri bahwa kamu mahir dalam bidang tersebut.

Sehingga, jangan heran setelahnya kamu akan stuck di satu titik saja. Maka dari itu, kamu perlu fokus agar tidak mengganggu harapanmu yang saat ini belum kamu raih.

4. Lebih banyak nongkrong dibandingkan belajar

Bersosialisasi adalah hal yang wajib kamu lakukan. Tujuannya memang untuk menambah relasi dan bersenang-senang. Namun, sudah seharusnya kamu dapat membatasi diri jika kamu ingin meningkatkan kualitas diri.

Kalau kamu selama ini terlalu banyak nongkrong, maka kurangilah intensitasnya. Jangan sampai kamu justru kehilangan banyak waktu untuk belajar dan praktek.

Jika kamu memiliki niat serius dalam mengembangkan kualitas diri, maka hindarilah hal-hal yang justru merugikan diri sendiri. Pertimbangkan segala aktivitas yang ingin kamu lakukan agar tidak mengganggu fokus belajarmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak