facebook

4 Tanda Kamu Sudah Pulih dari Luka Masa Lalu, Telah Sejauh Mana?

Rizky Melinda Sari
4 Tanda Kamu Sudah Pulih dari Luka Masa Lalu, Telah Sejauh Mana?
Ilustrasi kenangan masa lalu (pexels)

Setiap orang pastinya pernah memiliki luka dan kenangan yang tidak menyenangkan di masa lalu. Luka dan kenangan menyedihkan yang terjadi di masa lalu mungkin masih membekas dengan jelas hingga hari ini.

Kita harus bisa membedakan kehidupan di masa lalu dan masa kini. Meskipun tidak mudah dilupakan begitu saja, setidaknya kita harus bisa menjalani hidup saat ini dengan sebaik mungkin tanpa dibayang-bayangi masa lalu.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu mulai pulih dari luka dan kenangan meyedihkan di masa lalu.

1. Kamu tidak lagi terpengaruh hal-hal di masa lalu

Tanda pertama bahwa kamu mulai pulih dari luka masa lalu adalah tidak lagi trauma pada hal-hal yang pernah terjadi. Kamu mulai berani menghadapi kenyataan dan tidak lagi berpikiran bahwa luka yang sama akan kembali menghampiri.

Kamu mulai berani mengunjungi tempat-tempat yang dulu selalu kamu hindari, hingga berani berinteraksi dan menjalin komunikasi kembali dengan orang yang pernah menyakitimu. Hal ini membuktikan bahwa inner strength atau kekuatan batinmu semakin berkembang.

2. Kamu siap melakukan perubahan-perubahan

Orang yang terlalu terpuruk pada luka masa lalu biasanya enggan untuk berubah. Mereka akan selalu merasa bahwa percuma saja berubah karena kenangan masa lalu akan senantiasa menghampiri. Jika siap melakukan perubahan-perubahan dalam hidupmu, itu tandanya kamu mulai pulih dari luka masa lalumu.

Mulai memikirkan liburan, ikut kegiatan-kegiatan positif, merencanakan jalan-jalan dengan teman, serta kegiatan-kegiatan serupa lainnya menandakan bahwa semangat hidup kamu mulai kembali. Artinya, kamu mulai bisa menjalani kehidupan kembali dengan penuh gairah.

3. Kamu tidak lagi mudah panik

Luka masa lalu yang terlalu dalam tidak jarang membuat penderitanya merasa trauma. Gangguan kecemasan yang diakibatkan oleh trauma memiliki banyak gejala, salah satunya mudah panik dan pola tidur yang berantakan.

Dengan menghadapi dan siap melakukan perubahan dalam hidup, perlahan tapi pasti kamu akan mulai jarang mengalami panik, dan pola tidurmu secara perlahan akan mulai membaik dan teratur. Jika kamu merasa mudah senang dan tidur teratur belakangan ini, itu tandanya kamu mulai pulih dari luka masa lalumu.

4. Kamu sadar bahwa tidak selamanya hidup ini suram

Tanda terakhir bahwa kamu sudah mulai pulih dari luka masa lalu adalah sadar bahwa tidak ada duka atau kesedihan yang dapat berlangsung selamanya. Kesedihan dan kegembiraan memiliki porsinya masing-masing dalam hidup setiap manusia.

Jika kamu mulai bersemangat untuk hidup, bergairah melakukan hal-hal positif, mulai menikmati momen-momen kecil yang sebelumnya selalu kamu abaikan, itu tandanya mulai mengarah pada hidup yang bahagia.

Itulah 4 tanda bahwa kamu mulai pulih dari luka masa lalumu. Selalu semangat untuk menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan. Jangan lupa hargai orang-orang di sekitarmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak