facebook

4 Hal yang Dapat Membantumu Lebih Bisa Menerima Perbedaan

Rizki Putra
4 Hal yang Dapat Membantumu Lebih Bisa Menerima Perbedaan
Ilustrasi berdiskusi.[pexels/Henri Mathieu]

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau kita saat ini hidup di tengah banyaknya perbedaan. Namun sayangnya, masih banyak orang tidak bisa menerima dan mengakui perbedaan tersebut dalam lingkungan sosialnya.

Kalau itu sampai terus terjadi, jangan heran akan ada dampak buruk dalam kehidupanmu kedepannya, lho. Maka dari itu, pahamilah empat hal ini yang dapat membantumu lebih bisa menerima perbedaan.

1. Biasakan untuk kumpul bareng dengan orang-orang yang berbeda latar belakang denganmu

Supaya dapat membantumu bisa menerima perbedaan di tengah lingkungan sosial, maka kamu perlu membiasakan untuk kumpul bareng bersama orang-orang yang berbeda latar belakang denganmu.

Misalnya saja berbeda dalam agama, budaya, suku, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah terbiasa kumpul dengan mereka, lambat laun kamu akan memahami arti dari makna perbedaan tersebut. Selain itu, kamu dapat belajar bahwa kita perlu hidup berdampingan dengan orang lain juga.

2. Perbedaan adalah hal yang lumrah

Hal lain yang perlu kamu pahami adalah mengakui bahwa perbedaan itu akan selalu ada di dalam lingkungan sosial. Sebab, perbedaan memanglah suatu hal yang lumrah terjadi. Kamu tidak bisa selalu menangkis perbedaan, karena itu akan selalu hadir di dalam kehidupanmu.

Maka dari itu, kamu perlu meyakini diri sendiri bahwa perbedaan adalah hal yang nyata terjadi dalam lingkungan sosial. Jangan sesekali untuk menolak atau keras kepala tidak meyakini hal tersebut.

3. Setiap orang berhak memiliki pola pikir yang berbeda-beda

Perbedaan berasal dari pola pikir setiap orang yang berbeda-beda. Sehingga, kamu tidak bisa memaksakan diri untuk memenangkan sesuatu hal yang kamu anggap benar kepada orang lain.

Bagaimanapun juga, memaksakan orang lain dapat sejalan dengan apa yang kamu mau adalah hal yang buruk. Maka dari itu, kamu perlu mengerti dan mengakui bahwa setiap orang memiliki pola pikirnya masing-masing untuk memberikan respons.

4. Kamu masih membutuhkan orang lain untuk tetap bisa hidup

Pada dasarnya, sudah menjadi hakikatnya bahwa kita adalah makhluk sosial. Karena hal tersebut, kita tetap perlu membutuhkan peran orang lain agar kita tetap bisa bertahan hidup.

Maka dari itu, kamu perlu menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Jangan sampai kamu menolak semua perbedaan yang ada, justru membuatmu hidup jadi kesulitan.

Sudah seharusnya kita bisa mengerti dan mengakui perbedaan yang ada di tengah lingkungan sosial. Jangan sampai menepis semua perbedaan tersebut, justru menghancurkan kehidupanmu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak