facebook

Agar Lebih Tertata, Ini Tips Membuat Jadwal Aktivitas Harian

Nanik Writer
Agar Lebih Tertata, Ini Tips Membuat Jadwal Aktivitas Harian
Ilustrasi membagi waktu.[Pixabay]

Sebelum kamu memimpin orang lain, ada baiknya kamu melatih diri sendiri untuk terbiasa memimpin dirimu sendiri juga. Karena jika kamu saja belum bisa memimpin dirimu sendiri, bagaimana orang lain mau kamu pimpin? 

Maka dari itu, kamu perlu memulai perubahan baru dengan menerapkan perilaku disiplin pada dirimu sendiri. Kamu bisa mulai dengan berlatih mengatur waktu yang kamu miliki setiap hari agar bermanfaat dan tentunya tidak sia-sia.

Kira-kira hal apa saja yang bisa kamu lakukan agar waktu yang kamu miliki bisa lebih tertata? Yuk, simak hal-hal yang bisa kamu atur setiap harinya!

1. Bangun Pagi

Untuk kamu yang Muslim, bisa bangun pagi saat azan subuh berkumandang agar bisa melaksanakan solat subuh. Bagi yang lain, bisa melanjutkan berbagai aktivitas pagi agar harimu lebih segar. Bukan hanya itu, dengan bangun pagi, menjadi lebih banyak waktu untuk memulai kegiatan.

2. Belajar

Kamu bisa menyerap banyak pengetahuan ketika belajar di pagi hari, terutama untuk beberapa hal yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kamu bisa mengatur waktu belajar pada pukul 09.00 sampai 11.00 pagi.

3. Belajar hal baru

Pukul 11.00 sampai jam 12.00 siang kamu bisa mencoba mencari tahu hal-hal baru untuk memperkaya pengetahuan. Bisa melalui berselancar di dunia maya, searching lewat Google, atau membaca buku yang kamu suka.

4. Istirahat

Kamu bisa beristirahat pukul 12.00 siang sampai jam 02.00 siang untuk tidur siang dan aktivitas lainnya.

5. Menyelesaikan tugas kuliah

Kamu bisa menyelesaikan tugas kuliah saat sore hari. Dengan begitu tugasmu akna segera selesai.

6. Bersantai bersama keluarga

Jangan abaikan kegiatan satu ini. Walaupun terdengar sederhana, namun hal ini sangat cocok dan penting untuk kamu lakukan.

7. Jam malam

Pukul 08.00 hingga 10.00 malam dapat kamu pergunakan untuk bersantai dan meninggalkan aktivitas harian yang melelahkan. Kamu pun bisa melakukan hal-hal yang bisa menghibur dirimu.

8. Tidur malam

Saat memasuki jam 10 malam, ada baiknya kamu segera tertidur. Hal ini karena tidur lebih awal terbukti sangat baik untuk kesehatan fisik dan psikismu. Selain tubuhmu terjaga kesehatannya, mentalmu pun juga akan semakin sehat.

Itu dia hal-hal sederhana yang bisa kamu atur setiap harinya agar harimu lebih tertata dan tidak terbengkalai. Mulailah menata hal sederhana tersebut sebelum kamu berharap bisa memimpin orang lain. Karena tolok ukur keberhasilan seorang pemimpin salah satunya adalah kemampuan mengatur dan memimpin dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak