facebook

5 Tanda Introvert Hangover, Kamu Pernah Mengalaminya?

Rizky Melinda Sari
5 Tanda Introvert Hangover, Kamu Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi menyendiri (pexels)

Introvert hangover merupakan gejala yang dialami oleh para introvert ketika menerima begitu banyak stimulasi dari lingkungan sosial. Hal ini menyebabkan orang yang mengalaminya merasa lelah baik secara fisik maupun mental.

Bagi para introverberinteraksi terlalu lama dengan orang lain dalam porsi yang berlebihan dapat membuat emosi serta tenaga terkuras habis. Hal ini dapat memicu munculnya introvert hangover.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa kamu sedang mengalami introvert hangover.

1. Merasa sangat lelah

Tanda pertama yang mungkin kamu alami adalah munculnya perasaan lelah yang luar biasa. Padahal, kamu tidak sedang mengerjakan sesuatu yang berat. Kamu benar-benar merasa energimu terkuras habis hingga tidak bersisa sedikit pun. Hal ini biasanya ditandai dengan badan yang pegal-pegal, pusing, hingga mual.

2. Kesulitan berpikir jernih

Terlalu lama berinteraksi dengan orang luar dan terpapar berbagai pemikiran orang lain cenderung membuat introver sulit berpikir jernih. Hal ini karena banyaknya informasi yang mereka terima dalam waktu berdekatan, dari orang yang berbeda-beda. Ketika diminta pendapat, introver cenderung susah mengemumukakannya karena tidak bisa berpikir jernih di tengah orang banyak.

3. Memikirkan sesuatu dari sisi negatif

Tanda lainnya kamu mengalami introvert hangover adalah cenderung memikirkan segala sesuatu dari sisi negatif. Misalnya, kamu memikirkan detail-detail remeh dan sebenarnya tidak perlu terlalu diperhatikan seperti gerak-gerik di tengah orang banyak, bingung harus menatap ke mana, dan lain sebagainya. Hal ini akan mendorong seseorang untuk selalu overthinking.

4. Merasa cemas dan tertekan

Tanda yang sering muncul ketika seseorang mengalami introvert hangover adalah timbulnya perasaan cemas dan tertekan. Ketika berada di suatu ruangan dengan banyak orang di sekeliling, seorang introver biasanya sering merasa cemas dan tertekan padahal kondisi sedang baik-baik saja. Hal ini terjadi karena memang porsi berinteraksi yang terlalu berlebihan bagi seorang introver.

5. Menginginkan kesendirian tanpa gangguan apapun

Puncak dari segala gejala dan tanda yang timbul adalah munculnya keinginan untuk segera pulang dan meninggalkan tempat keramaian sesegera mungkin. Orang yang mengalami introvert hangover ingin segera pergi dari keramaian dan berdiam seorang diri di rumah tanpa gangguan siapa pun.

Itulah 5 tanda seseorang mengalami introvert hangover. Kita harus bisa mengenali diri kita sendiri. Tidak masalah untuk menyendiri dan mengambil jeda sejenak dari kehidupan sosial. Kita harus bisa mengenali diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak