facebook

Merasa Canggung? Ini 7 Cara Mudah Akrab dengan Orang Baru

Raihannisa Fitriah
Merasa Canggung? Ini 7 Cara Mudah Akrab dengan Orang Baru
mengobrol dengan orang baru.[Pexels]

Takut obrolanmu terlihat kikuk ketika berkenalan dengan orang baru? Wah, sepertinya kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas.

Berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal memang sering kali menjadi hal yang tersulit dalam bersosialisasi. Bahkan sejumlah orang memilih untuk mengurungkan niat untuk menambah teman baru dikarenakan malas memulai percakapan.

Padahal dengan berani berkenalan, kita berkesempatan untuk mendapatkan relasi yang lebih luas loh. Dengan demikian, kita jadi semakin tahu akan variasi karakter tiap orang.

Nah, supaya kamu enggak merasa canggung, ini 7 cara ampuh mudah akrab dengan orang baru. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Tunjukkan kepercayaan dirimu ketika awal berkenalan

Sering kali, kamu pasti mengira bahwa lawan bicaramu akan memperhatikanmu sebegitu dalamnya. Padahal sebetulnya, orang baru yang akan kamu ajak kenalan tidak akan sepeduli itu loh. Malahan mereka lebih mengkhawatirkan diri mereka. 

Dengan kamu percaya diri, kamu akan lebih mudah untuk melontarkan pertanyaan sebagai bahan obrolan. Menunjukkan keberanian ketika awal berkenalan, kamu akan mendapatkan first impression yang baik dari teman barumu.

2. Memulai dengan percakapan yang sederhana namun berbobot

Setelah percaya diri, kamu bisa melanjutkan perkenalanmu dengan percakapan sederhana. Percakapan tersebut bisa berupa basa-basi semisal cuaca atau kejadian apa yang tengah booming. 

Kemudian, kamu dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya akan mendapatkan jawaban yang panjang dari teman barumu. Sehingga, kamu bisa menanyakan sesuatu hal yang membuat kamu kepo. Dengan begitu, obrolanmu akan semakin hangat dan asyik nih!

3. Cari kesamaan dengan lawan bicara kamu

Melalui percakapan ringan, kamu akan mulai paham apa kesukaan teman barumu. Nah, apabila apa yang dia suka merupakan hal yang kamu sukai juga maka kesamaan tersebut bisa menjadi bahan topik obrolan.

4. Bila first date, kamu bisa ajukan ice breakers ringan

Kesan pertama menjadi hal utama saat first date. Makanya, bila kamu mau dikenal sebagai orang yang humoris maka kamu bisa melontarkan gombalan ringan yang bikin gebetanmu klepek klepek.

5. Kasih pujian diiringi dengan pertanyaan yang mereka minati

Hakikatnya, semua orang tentu suka banget dipuji dong? Makanya, enggak ada salahnya kamu memuji teman barumu. 

Lalu, berikan pertanyaan yang mereka minati. Nantinya, mereka akan menjelaskan dirinya secara mendalam. Jadi secara tidak langsung, kamu lebih tahu tentang diri mereka.

6. Berikan senyuman sekaligus nada suara yang terdengar ramah

Di sepanjang kamu mengobrol, ada baiknya kamu terus memberikan senyuman. Selain itu, upayakan nada bicaramu terdengar ramah ya. Sehingga, lawan bicaramu akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang seru diajak ngobrol.

7. Fokus terhadap obrolan 

Fokus di sini berarti kamu memperhatikan setiap gerak gerik lawan bicara ketika menceritakan dirinya. Mendengarkan serta menatap matanya akan membuat teman barumu merasa dihargai. Selain itu, kamu akan mudah diingat olehnya setelah melakukan perkenalan.

Demikian tujuh cara mudah akrab dengan orang baru. Ketujuh cara tersebut bisa kamu kembangkan dengan sesuatu hal yang menurut kamu akan lebih gampang mendapatkan teman baru. Selamat mencoba ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak