facebook

Wajib Tahu, Ini 7 Tips agar Hubungan Asmara Terhindar dari Perselingkuhan

Raihannisa Fitriah
Wajib Tahu, Ini 7 Tips agar Hubungan Asmara Terhindar dari Perselingkuhan
Ilustrasi selingkuh (freepik).

Setiap pasangan tentunya memiliki keinginan agar hubungan asmara senantiasa langgeng, bahkan bisa ke jenjang yang lebih serius. Adanya perbedaan pendapat ataupun pertengkaran kecil mungkin dianggap menjadi rasa pelengkap dalam menjalin suatu hubungan. Namun bila salah satu dari pasangan sudah melakukan perselingkuhan, perlakuan tersebut sudah tidak bisa ditoleransi lagi. 

Rumput tetangga memang lebih menarik bukan? Akan tetapi bila kedua pasangan bisa menahan nafsu untuk melakukan perselingkuhan, maka kemungkinan besar hubungan tidak kandas begitu saja.

Perselingkuhan menjadi suatu hal kebohongan terbesar yang dilakukan seseorang dalam suatu hubungan asmara. Jelas, itu sangatlah menyakitkan. Lalu, bagaimana tips agar hubunganmu terhindar dari orang ketiga? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Saling support satu sama lain

Setiap orang pasti membutuhkan support system untuk menjalani kehidupan ini. Nah, begitupun dalam menjalin hubungan asmara, sudah semestinya sepasang kekasih saling memberikan support dan apresiasi satu sama lain.

Walaupun tips ini terbilang sepele, tetapi sering kali kita melupakan untuk bisa mendukung apa yang diinginkan pasangan. Dengan senantiasa mendukung pasanganmu, itu pertanda kamu siap untuk selalu berada di sampingnya dalam keadaan apapun. So Sweetie!

2. Stop membandingkan pasanganmu dengan orang lain

Ayo ngaku kalau kamu masih sering melakukan ini terhadap pasanganmu? Bisa jadi karena terlalu sering kamu membandingkan pasanganmu kepada orang lain, ia merasa bahwa hubungan asmara tersebut tidak lagi spesial.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Supaya kamu terhindar dari perselingkuhan, coba mulai berhenti untuk membandingkan pasanganmu dengan orang lain. Jadikan kelemahan yang dimiliki pasanganmu sebagai bentuk keunikan yang tidak dapat kamu temukan di orang lain.

3. Lakukan komunikasi secara jujur

Dalam menjalin suatu hubungan pasti dong kuncinya pada pola komunikasi. Dengan keterbukaan antar sesama, tentunya akan menggiring hubungan yang langgeng. Istilahnya, tidak ada dusta di antara kita. 

Biasanya yang sering kali ditemukan, banyak orang yang enggan berbicara secara jujur terhadap pasangannya. Padahal, dengan berkomunikasi satu sama lain akan mempermudah pasangan untuk mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Melakukan komunikasi dengan cara yang baik tanpa adanya emosi yang meluap dapat mencegah terjadinya perselingkuhan. Bila ada masalah, bicarakanlah secara langsung. 

4. Luangkan waktu untuk quality time bersama

Coba luangkan sedikit waktu sibukmu untuk berlibur dengan pasangan tersayangmu. Dengan menghabiskan waktu bersama, kamu dan pasangan akan lebih mengenal satu sama lain. 

Kegiatan deep talk sepertinya menarik untuk dilakukan. Biar sama-sama tahu apa sih yang ada di benak pasangan selama menjalin hubungan asmara ini kan?

Oiya, quality time bukan berarti harus berjalan-jalan ke tempat wisata kok. Kalau kamu tim low budget, bisa saja melakukan aktivitas bersama sang pacar meski di rumah saja. Semisal nonton film kesukaan bareng, masak bareng, dan lain sebagainya. 

5. Memberikan perhatian yang lebih kepada pasangan

Tips yang kelima ini rupanya dapat menambah rasa sayang antara sepasang kekasih. Dengan kamu memberikan perhatian kecil akan membuat pasangan jauh lebih dihargai keberadaannya. 

Sebisa mungkin, kamu memberikan perhatian sederhana seperti saat jatuh cinta pada pandangan pertama. Dikarenakan, sejumlah pasangan yang mengakhiri hubungannya lantaran mereka kurang mendapatkan perhatian yang lebih antar pasangannya.

6. Jangan Terlalu Posesif 

Ada sebagian orang yang bila terlalu dikekang akan semakin membangkang. Sebetulnya, posesif boleh saja asalkan masih dalam batas wajar ya. Sebab, terlalu posesif juga tidak baik untuk hubungan asmaramu. Kemungkinan besar dikarenakan terlalu posesif akhirnya pasanganmu lebih memilih berbohong ketimbang harus jujur karena takut akan membatasi kegiatan yang pasanganmu sukai.

Malahan sikap posesif itu diwajibkan dalam suatu hubungan. Dengan perlakuan posesif tentunya pasanganmu tidak mau hubungannya kandas begitu saja. Tapi harus inget nih ya! Posesifnya enggak boleh over.

7. Saling memahami pasangan

Tips yang terakhir ini sepertinya membutuhkan usaha yang cukup lumayan. Namun, dengan saling mengerti satu sama lain, pasanganmu lebih merasa dihargai.

Mengetahui seluk beluk, kesukaannya sampai apa hal yang dibencinya tanpa men-judge itu sebagai suatu bahan untuk kamu dapat memahami pasanganmu. Kalau kamu belum tahu pasanganmu sampai ke akar-akarnya, coba saja tanyakan kepada ibu atau teman-teman pasanganmu yuk!

Itulah tujuh tips agar hubungan asmara terhindar dari perselingkuhan. Semoga hubungan kamu selalu terhindar dari orang ketiga ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak