facebook

Para Pekerja Keras Wajib Tahu! Tips untuk Menyangi Diri Sendiri

Wanwha Soetjianto
Para Pekerja Keras Wajib Tahu! Tips untuk Menyangi Diri Sendiri
Ilustrasi Tidur (freepik.com)

Hai, para pekerja keras bagai quda (kuda, sebagai perumpamaan) yang tiap hari tidur kurang dari 3 jam, apa kabar?

Aku mau mengingatkan bahwa sebenarnya kalian punya waktu 24 jam dalam sehari tapi kalian pelit membagikan dengan diri sendiri. Padahal, tidak ada yang sayang diri kalian selain kalian sendiri. Jika kalian terus-menerus pelit, maka sungguh sakit bukan bagi diri kalian karena tidak ada yang menyayanginya?

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan waktu dalam sehari yang wajib kalian tahu agar hidup kalian lebih tertata dan punya tujuan yang jelas setiap harinya. Tentu saja hal tersebut membuat kita lebih optimal dalam bekerja dan tidak melupakan waktu untuk beristirahat.

1. Atur waktu tidur

Banyak orang utamanya para pelajar atau karyawan, waktu adalah pengatur waktu tidur mereka. Hasilnya tubuh masih lemah dan lesu sehingga tidak siap untuk bekerja. Jadi mulai sekarang jadilah pengatur tidur anda sendiri yaitu dengan mengawali tidur pada jam 10 malam dan atur pengingat waktu untuk berbunyi pada jam 3 pagi. 

2. Awali hari dengan senyuman mengingat beberapa tugas yang sudah selesai

Saat bangun tidur, tata hati agar selalu bahagia dengan mengingat hal-hal baik mengenai tugas yang anda kerjakan. Mandi dan menunaikan ibadah (bagi yan beragama Islam) serta kerjakan pekerjaan rumah sampai jam 5 pagi.

Sisa waktu dapat digunakan untuk bersiap ke kantor atau sekolah seperti makan, menata tas dan sepatu. Berangkatlah bekerja kira-kira sampai dalam waktu 15-20 menit sebelum bekerja dimulai. Hal tersebut dapat memengaruhi otak agar tenang sehingga hasil pekerjaan akan lebih maksimal.

3. Kerjakan semua pekerjaan kantor atau sekolah di sekolahan

Membawa tugas sekolah atau kantor ke rumah dapat mengganggu waktu bersama keluarga dan waktu untuk diri sendiri. Saat di kantor atau di sekolahan, upayakan agar tidak ada waktu kerja yang terbuang dengan mengerjakan tugas saat jam kosong.

4. Buatlah rencana kegiatan sebelum tidur

Membuat rencana kegiatan bertujuan agar tidak melupakan tugas-tugas kecil dan waktu lebih tertata di keesokan hari. Mungkin jika ada rencana pergi bersama teman atau keluarga dapat dipilih waktu yang tidak mengganggu pekerjaan namun tetap terlaksana.

4 Hal tersebut merupakan cara yang wajib dicoba dengan waktu yang dapat disesuaikan. Semoga bermanfaat

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak