alexametrics

4 Makanan yang Ampuh Mengembalikan Mood, Kamu Harus Coba!

Wanwha Soetjianto
4 Makanan yang Ampuh Mengembalikan Mood, Kamu Harus Coba!
Ilustrasi Bentuk-bentuk Coklat (Pixabay) / Say-Cheese

Ada dua jenis suasana hati, yaitu bersifat positif dan negatif. Suasana hati yang negatif tentunya sangat merugikan diri sendiri maupun lingkungan. Kebanyakan, orang dengan suasana hati negatif dipandang oleh lingkungan sebagai orang yang menjengkelkan, bahkan bisa juga menganggu pekerjaan. Suasana hati negatif biasanya dikaitkan dengan perasaan yang berubah memburuk.

Pasalnya, saat suasana hati memburuk, kita kerap kesulitan menerima keadaan sekitar dengan baik. Suasana hati yang buruk bisa juga disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, pekerjaan yang menumpuk, berada di lingkungan kurang baik, kurang tidur, terlalu lelah, dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang suasana hatinya sedang buruk, coba istirahat sejenak sambil makan 4 makanan ini, yuk!

1. Coklat

Coklat mengandung zat psychoactive yang merangsang produksi hormon endrophin di otak sehingga dapat memunculkan efek rasa bahagia. Rasa rileks juga akan muncul setelah mengkonsumsi coklat, karena coklat mengandung magnesium.

Meskipun demikian, mengonsumsi coklat secara berlebihan juga akan berdampak pada peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Jadi, makan secukupnya saja, ya!

2. Ice Cream

Kandungan asam amino dalam ice cream dapat meningkatkan kadar tirosin, karena neurotransmitter di dalamnya dapat merangsang produksi dopamin dan neropinefrin. 

Susu dalam ice cream mengandung asam amino Tryptophan, yang dapat membuat suasana hati tenang seperti rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Yogurt

Selain bermanfaat untuk mengobati sindrom iritasi usus, probiotik di dalam yogurt dapat mengatasi depresi. Manfaat ini diperoleh berdasarkan hasil sebuah studi di Leiden University, di mana penelitian mengambil sampel sebanyak 40 pemuda yang tidak memiliki gangguan mood.

Dari sampel tersebut, diambil 20 orang untuk diberikan suplemen probiotik bubuk selama beberapa periode. Hasilnya, 20 orang tersebut merasa bahwa ada perbaikan suasana hati. 

4. Roti gandum

Roti gandum mengandung karbohidrat yang rendah Glycaemic Index (GI). Secara umum, kadar glukosa dalam darah mempengaruhi suasana hati dan menjaga energi agar tetap bersemangat, sehingga roti gandum cocok digunakan sebagai menu sarapan agar suasana hatimu di pagi hari lebih menyenangkan.

Itulah makanan yang wajib kalian coba saat mood mulai turun atau sedang tidak stabil. Namun, tentunya kamu juga harus perhatikan porsi konsumsimnya, tidak berlebihan agar manfaatnya benar-benar terasa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak