facebook

Jangan Lakukan 3 Hal Ini ketika Memasak, Patut Diperhatikan

Wanwha Soetjianto
Jangan Lakukan 3 Hal Ini ketika Memasak, Patut Diperhatikan
Ilustrasi masak bersama keluarga (adobestock)

Memasak merupakan proses pengolahan bahan mentah menggunakan teknik tertentu yang memerlukan perkiraan yang tepat untuk menghasilkan makanan dengan rasa khas dan lezat. Sebagian orang menjadikan memasak adalah suatu hobi bahkan pekerjaan yang menyenangkan karena dapat menghasilkan uang. Ketepatan sangat menentukan rasa pada masakan yang dihasilkan.

Beberapa ahli memasak yang sudah pada tahap expert mampu berinovasi pada hidangannya melalui proses peracikan bumbu yang telah diuji berkali-kali. Karena keahliannya tersebut, mereka akan dibayar mahal oleh beberapa pelaku usaha kuliner yang sudah besar. Di lingkungan sekitar, hampir setiap hari kita menemui banyak orang yang menggantungkan perekonomian keluarganya pada keterampilan memasak.

Selain itu, tanpa disadari memasak merupakan kewajiban bagi mayoritas orang dengan alasan demi menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga. Berdasarkan hal tersebut, dapat diperoleh bahwa memasak merupakan kegiatan utama yang tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari.

Sebelum mulai memasak, selain mempersiapkan bahan-bahan pada resep ada hal penting yang harus dipahami dimana tidak tertulis pada resep. 

1. Memanaskan peralatan memasak dahulu

Umumnya memanaskan peralatan memasak digunakan untuk mengeringkan peralatan yang masih basah agar tidak lengket saat digunakan. Selain alasan tersebut, memanaskan peralatan sebelum digunakan untuk memasak berguna sebagai proses sterilisasi peralatan. Hal ini umumnya dilakukan pada saat percobaan di laboratorium agar proses percobaan tidak terpengaruh oleh materi lain seperti pengotor. Apabila dianalogikan dengan proses memasak di dapur, pemanasan tersebut berguna untuk membebaskan peralatan dari bakteri maupun virus.

2. Segera mencicip masakan setelah ditambahkan bumbu

Seperti yang tertulis pada bagian awal bahwa ketepatan sangat diuji saat memasak. Pastikan bumbu yang digunakan tepat secara takaran dan komposisinya. Perlu diketahui bahwa bumbu memerlukan waktu untuk bereaksi antara satu sama lain sehingga terdapat kemungkinan jika melakukan tester saat bumbu belum semuanya bereaksi menyebabkan rasa masakan anda kurang stabil. Oleh karena itu, sebaiknya tester dilakukan saat bumbu diperkirakan saat melampaui waktu penambahan yang cukup dan agar lebih meyakinkan, dapat dilakukan tester ketika akan dihidangkan.

3. Menggunakan telur di kulkas untuk membuat kue

Apabila akan membuat kue, pastikan suhu semua bahan ada pada suhu ruang. Keluarkan telur dari kulkas kira-kira 30 menit sebelum digunakan. Telur yang tidak pada suhu ruang dapat menyebabkan kue/roti yang dimasak tidak mampu mengembang maksimal sehingga mengakibatkan tekstur kue bantat

Tiga hal tersebut harus dihindari saat memasak. Jaga kebersihan bahan, dapur dan gunakan teknik memasak yang benar. Pastikan rasa masakan nikmat dan lezat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak