facebook

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, Bersyukur Menjadi Kunci Utamanya

Rizky Melinda Sari
5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, Bersyukur Menjadi Kunci Utamanya
Ilustrasi menikmati alam. (pexels)

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk menikmati hidup. Tidak perlu harus hidup mewah, memiliki segalanya, mampu jalan-jalan ke berbagai benua, dan lain sebagainya hanya untuk menikmati hidup.

Ketika sedang bersedih, kita sering mendambakan kebahagiaan. Namun, ketika kebahagiaan sudah berhasil kita raih, kita justru merasa cemas karena takut kebahagiaan itu akan segera berakhir. Padahal, roda kehidupan itu pasti selalu berputar. Kesedihan dan kegembiraan pasti selalu datang silih berganti.

Ketika sedang kesusahan, kita cenderung menginginkan punya banyak uang agar bisa menikmati hidup. Kita lantas bekerja keras siang dan malam untuk mengumpulkan uang dan harta sampai lelah. Namun, ketika harta dan uang sudah terkumpul, kita justru merasa hampa dan mungkin cemas harta kita dicuri.

Sebenarnya, ada berbagai cara sederhana untuk menikmati hidup. Tidak harus menjadi kaya. Berikut lima cara sederhana untuk menikmati hidup yang bisa kamu lakukan.

1. Bersyukur terhadap hal-hal kecil

Seringnya, kita terlalu fokus pada hal-hal besar dan cenderung mengabaikan hal-hal kecil. Padahal, kunci untuk dapat menikmati hidup adalah dengan mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar. Kita harus bisa bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk membuka mata di pagi hari, menghirup udara dengan bebas, diizinkan untuk menikmati alam, dan lain sebagainya.

2. Menerima masa lalu dengan ikhlas

Masa lalu yang paling buruk sekali pun tetap tidak akan pernah bisa kita ubah. Hidup kita hanya akan dipenuhi kegelisahan jika terlalu terpaku atau menyesali masa lalu. Terima dan ikhlaskan apa yang telah terjadi, fokuslah pada hidup di masa sekarang dan masa depan. Masih ada banyak harapan dan kebahagiaan yang menanti.

3. Fokus dan hidup untuk saat ini

Terlalu fokus memikirkan kesalahan di masa lalu atau terlalu sibuk mempersiapkan masa depan sampai lupa waktu juga tidak akan membuat kita bahagia. Kita harus bisa menyeimbangkan hidup. Jangan sampai karena terlalu fokus mempersiapkan masa depan, kita jadi tidak bisa menikmati hidup di masa sekarang. Jalani hari ini dengan sepenuh hati tanpa menyingkirkan masa depan.

4. Bersikap realistis

Jangan mudah berekspektasi terlalu tinggi pada orang lain. Bagaimana pun juga, menaruh harapan yang terlalu tinggi pada seseorang akan membuat kita merasa kecewa jika tidak sesuai dengan harapan kita. Berpikirlah realistis, jangan membebani hidup sendiri dengan berkespektasi dan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Jalani hidup ini dengan apa adanya.

5. Kelilingi diri dengan lingkungan positif

Kunci terakhir agar kita bisa menikmati hidup adalah mengelilingi diri sendiri dengan lingkungan yang positif. Kelilingi diri dengan orang-orang yang akan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih baik. Sedikit banyak lingkungan akan berpengaruh pada kepribadian diri. Jangan sampai lingkungan yang buruk membuat kita terus merasa tertekan sehingga sulit menikmati hidup.

Itulah 5 cara sederhana untuk menikmati hidup yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kunci utamanya adalah selalu bersyukur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak