facebook

4 Cara Elegan untuk Membalas Rasa Sakit Hati pada Seseorang, Tetap Tenang!

Rizky Melinda Sari
4 Cara Elegan untuk Membalas Rasa Sakit Hati pada Seseorang, Tetap Tenang!
Ilustrasi marah (pexels)

Rasa sakit hati memang sangat membekas dan sulit dihilangkan. Namun, kamu tidak perlu membiarkan dirimu larut akan perasaan sakit hati yang tak berarti. Sebab, kamu bisa menyikapinya dengan berbagai cara elegan.

Meskipun perlu waktu yang tidak singkat untuk menghilangkan perasaan sakit hati dan dendam. Namun, ketika dibuat sakit hati, bukan berarti kita bebas berlaku seenaknya pada orang lain. Kita harus bisa tetap menampilkan kesan yang elegan meskipun disakiti.

Dengan demikian, kita bisa membuktikan kepada orang yang telah menyakiti kita bahwa kita baik-baik saja dan dapat melanjutkan hidup dengan bahagia. Nah, berikut empat cara untuk merespons rasa sakit hati yang diakibatkan oleh seseorang dengan elegan.

1. Tahan dan jauhkan diri pada saat emosi

Ketika sedang emosi dan sakit hati, kita cenderung mengabaikan akal sehat dan lebih mengutamakan nafsu untuk membalas orang yang telah menyakiti kita. Cara elegan pertama yang harus kita lakukan adalah menjauhkan diri dari sumber sakit hati. Kita harus bisa menenangkan diri sendiri hingga pikiran menjadi dingin terlebih dahulu. Pikiran yang dingin akan membuat kita bertindak dan bersikap dengan tepat.

2. Balas dengan senyum terbaik

Orang-orang yang menyakitimu akan merasa berhasil dan semakin senang jika kamu membalas perbuatan mereka. Oleh karena itu, cara elegan untuk membalas rasa sakit hati dari mereka, yakni tidak perlu balik marah-marah atau bersedih karena mereka.

Cukup tunjukkan sebuah senyuman terbaik, dengan demikian mereka akan merasa kalah sendiri. Dengan demikian, mereka akan merasa gagal menyakitimu dan mengganggap kamu tidak terpengaruh dengan perbuatan mereka.

3. Pergi dari zona yang menyakitimu

Cara elegan berikutnya untuk membalas rasa sakit hati, yakni pergi dari zona yang menyakitimu dan temukan zona sehat. Namun terkadang, hal-hal yang membuat kita sakit hati justru datang dari orang-orang yang berada di lingkungan kita.

Jika demikian, ada baiknya jika kita pergi atau menjauhi, atau minimal mengurangi interaksi di lingkungan tersebut. Kita memegang kendali penuh terhadap hidup kita. Jangan sampai lingkungan yang buruk semakin membuat kita tertekan dan memendam emosi yang tidak baik.

4. Balas dengan kebaikan

Cara elegan terakhir untuk membalas rasa sakit hati terhadap seseorang adalah dengan melakukan kebaikan. Terdengar sangat sulit untuk dilakukan. Namun, jika kamu berhasil melakukannya, kamu akan merasa bahagia dan damai. Kamu akan merasa hidupmu menjadi tenteram karena kamu berhasil membalas keburukan orang lain dengan kebaikan.

Itulah empat cara elegan untuk membalas rasa sakit hati yang dilakukan orang lain terhadap kita. Tidak perlu menggunakan otot dan emosi untuk menghadapi orang-orang yang menyakiti, biarkan mereka lelah dan merasa malu dengan sendirinya. Tetap fokus pada tujuan dan impian hidup kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak