facebook

Perlu Dicoba, Ini 4 Tips Hidup Sederhana yang Bikin Tetap Damai

Keza Felice
Perlu Dicoba, Ini 4 Tips Hidup Sederhana yang Bikin Tetap Damai
ilustrasi hidup sederhana.(Unsplash)

Sepertinya semua orang ingin menjalani hidup yang bahagia, sederhana, dan tetap damai. Akan tetapi ada kalanya beberapa hal dalam hidup justru mempersulit perjalanan waktu. Bahkan, ada beberapa permasalahan yang sulit ditangani hingga membuat kamu berpikiran negatif tentang suatu hal. Tak sedikit pula yang menjadi frustrasi bila tak kunjung bisa menemukan titik terang dari kepelikan hidupnya. 

Banyak yang bilang hidup sederhana ini banyak memberikan kedamaian dan kebahagiaan. Lantas bagaimana agar kamu bisa hidup sederhana dan tetap damai? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba.

1. Menentukan Prioritas dengan Benar

Yang pertama kali harus kamu lakukan untuk memulai hidup sederhana ialah dengan mengidentifikasi prioritas dalam hidupmu. Pikirkan apa saja yang penting dan dibutuhkan olehmu. Kamu bisa membuat daftar prioritas secara menyeluruh, lalu pilih bagian-bagian penting yang memang diperlukan. Dahulukan hal-hal yang kamu anggap penting itu dan sisanya bisa kamu lakukan sebagai selingan ketika kamu butuh hiburan. 

2. Tidak Berfoya-foya

Mempunyai banyak uang mungkin menjadi godaan tersendiri bagimu, sebab kamu akan menjadi lebih mudah tergiur dengan berbagai produk yang ditawarkan oleh iklan ataupun online shop yang kini semakin menjamur. Akan tetapi agar kamu bisa menikmati kedamaian hidup sederhana, cobalah agar tidak berfoya-foya.

Secara umum saat kamu berfoya-foya dan menghambur-hamburkan uang, pengeluaran pun jadi tidak terkontrol, bukan? Sehingga dalam keadaan tertentu hal ini akan berubah menjadi beban untukmu. Bahkan, saat kebutuhan pokok sudah menuntut untuk dipenuhi, sementara keuanganmu kian menipis, tentu kamu akan merasa stres dan gelisah sepanjang waktu.

Karena itulah tidak berfoya-foya akan mengajarkan kamu untuk tetap sederhana. Ketika keuanganmu terselamatkan, maka kehidupanmu juga akan dilimpahi dengan kedamaian. 

3. Menyibukkan Diri

Kamu bisa saja menjalani hidup dengan baik walaupun sederhana. Salah satunya dengan menyibukkan diri dengan berbagai hal yang bermakna. Juga dengan melakukan aktivitas yang akan membuat kamu bahagia. Ini bisa terjadi hanya saat kamu mulai melepaskan kemalasan dan tidak mengikuti kesibukan yang tidak bermanfaat. 

4. Menghindari Orang-orang yang Negatif

Supaya kamu hidup dengan damai dan bahagia, kamu harus menghindari orang-orang yang toxic. Kamu bisa membuat jarak dengan mereka atau dengan memutuskan hubungan dengannya. Karena orang-orang yang negatif dan toxic biasanya hanya akan memanfaatkan dan mempersulit hidupmu. Karenanya cobalah untuk berkonsentrasi pada sahabat, teman, dan keluarga yang memang menyayangimu.

Sebenarnya hidup sederhana itu sangat mudah dilakukan. Dengan begitu kehidupanmu akan jauh terasa lebih damai dan bahagia. Tetapi dengan satu syarat, yaitu menjauhkan pikiranmu dari berbagai hal negatif!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak