facebook

3 Kenyataan Pahit yang Harus Kita Terima dalam Hidup, Belajarlah Ikhlas

Rizky Melinda Sari
3 Kenyataan Pahit yang Harus Kita Terima dalam Hidup, Belajarlah Ikhlas
Ilustrasi kenyataan atau kebenaran. (pexels)

Hidup ini pasti terdiri dari kebahagiaan dan kesedihan. Di antara keduanya, ada beberapa hal yang mau tidak mau dan suka tidak suka harus kita terima apa adanya. Terkadang, kita terlalu fokus untuk mengejar kesempurnaan, sampai-sampai lupa bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa kita ubah. Salah satunya adalah kenyataan, baik yang pahit maupun manis.

Kita tidak bisa mengubah sesuatu yang telah terjadi, seburuk apa pun peristiwa tersebut. Kita hanya bisa menerimanya dengan lapang dada dan menjadikan hal tersebut sebagai bekal untuk hidup lebih kuat lagi ke depannya. Berikut ini, tiga kenyataan pahit yang mau tidak mau harus kita terima dalam hidup.

1. Cinta tidak bisa menjamin sebuah hubungan

Bagi orang-orang yang sedang jatuh cinta, cukup dengan saling mencintai saja mereka merasa bisa mempertahankan hubungan untuk selamanya. Kenyataannya, sebuah hubungan asmara tidak bisa hanya dilandasi rasa cinta. Tidak ada yang bisa menjamin cinta tidak berubah.

Diperlukan sebuah usaha dan komitmen untuk mempertahankan sebuah hubungan asmara. Rasa bosan dalam hubungan tidak bisa hanya diatasi dengan rasa cinta.

2. Ujian hidup tidak akan pernah berakhir

Jika kamu mengeluh karena ujian hidup yang terus-menerus datang tiada henti, kamu harus sadar bahwa semua manusia yang hidup di dunia ini juga pasti sedang menghadapi ujian, masalah, dan kenyataan pahit. Mulai dari bayi yang baru lahir sampai orang lanjut usia, semuanya memiliki masalah.

Hidup manusia tidak pernah bisa terlepas dari ujian. Jadikan ujian hidup sebagai batu loncatan untuk kamu naik ke level yang lebih tinggi. Berhenti mengeluh berlebihan, carilah penyelesaian dan hikmah di balik setiap ujian yang datang.

3. Tidak semua jawaban tersedia

Terkadang, kita bertanya-tanya mengenai sesuatu dalam hidup, terutama kenyataan pahit yang menimpa kita. Kita berusaha mencari dan bertanya pada diri sendiri, tetapi tidak kunjung menemukan jawaban yang memuaskan. Apa yang sudah terjadi kepada diri kita, terkadang tidak masuk akal dan kita berusaha mencari jawaban dibaliknya.

Namun, terkadang memang ada beberapa hal yang hanya diketahui alasannya oleh Sang Maha Tahu. Tugas kita hanya menjalaninya dan menerimanya. Mungkin kejadian tersebut memang ditimpakan kepada kita untuk mengajarkan kita arti menerima apa adanya.

Itulah tiga hal atau kenyataan pahit yang harus kita terima dalam hidup. Tidak perlu pusing memikirkan mengapa hal ini terjadi dan hal itu tidak terjadi pada hidup kita. Fokuslah untuk menjalani hidup sebaik mungkin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak