facebook

Sering Takut Memulai Sesuatu? Coba Terapkan 5 Tips Ini

Adira Putri Aliffa
Sering Takut Memulai Sesuatu? Coba Terapkan 5 Tips Ini
Ilustrasi wanita sedang merenung.(Pexels.com)

Memulai sesuatu memang jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Bukan karena tak ada kemampuan, tetapi karena ketakutan akan banyak hal. Beberapa di antaranya yakni, ketakutan akan omongan negatif orang lain, ketakutan akan kegagalan, ketakutan akan kesalahan, dan lain-lain.

Padahal sebenarnya kamu sudah cukup mampu melakukan sesuatu itu. Namun, entah mengapa rasa takut masih saja menghambatnya. Untuk kamu yang sampai sekarang masih sering takut untuk memulai sesuatu, tak ada salahnya untuk simak lima tips di bawah ini. Yuk simak baik-baik!

1. Kuatkan Tujuan Memulai

Memiliki tujuan yang kuat untuk melakukan sesuatu, bisa membantumu untuk semakin yakin dalam memulainya. Jika kamu masih belum menguatkan tujuanmu dalam memulai sesuatu, yuk mulai sekarang kuatkan itu! Sebab tujuan yang kuat adalah fondasi kuat agar kamu bisa lebih semangat menjalani rintangan apapun di depan nanti.

2. Menjadi Bodo Amat untuk Sementara

Dalam tahap awal memulai sesuatu bodo amat itu perlu. Ketika kamu ingin memulai sesuatu, ikuti saja kata hatimu dulu dan jalankan beberapa referensi dari internet untuk menambah ilmu. Tak perlu memikirkan omongan orang lain dulu tentang apa yang kamu lakukan. Sebab kalau kamu sibuk memikirkan omongan orang lain di tahap awal, maka itu bisa saja terus menghambatmu untuk memulai atau malah justru membuat berhenti sebelum berjuang lebih jauh lagi.

3. Terus Berproses

Menjadi bodo amat bukan berarti terus diam di tempat dan tak peduli dengan kemajuan yang harus dilakukan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kamu juga harus beradaptasi dan terus berpikir maju. Teruslah berproses dan berprogres dengan yang sedang kamu lakukan sekarang. Baca terus berbagai referensi yang mendukung kegiatanmu sekarang lalu bawa perubahan yang lebih baik dari versi diri kamu sebelumnya.

4. Saring Saran yang Membangun

Ketika kamu sudah berada di tengah jalan dalam berjuang memulai sesuatu. Mulailah untuk membuka kembali telinga yang tadinya kamu tutup sebentar. Namun, jangan buka telingamu terlalu lebar. Cobalah untuk menyaring mana omongang yang membangun dan mana omongan yang sekadar ingin menjatuhkan. Hal ini bermanfaat untuk membantumu agar terus tumbuh dan tidak jatuh.

5. Pegang Erat Semangat

Tips yang terakhir ini sangatlah penting untuk mengantarkanmu ke tujuan yang kamu impikan. Jika kamu sudah sangat yakin, dengan apa yang kamu lakukan sekarang. Teruslah semangat dalam menjalani rintangan yang berat. Lalu belajarlah percaya bahwa sebentar lagi kamu akan menjadi orang yang hebat.

Ada tambahan kalimat penyemangat untuk kamu yang masih takut memulai sesuatu, seperti "Tak perlu menunggu jadi hebat dulu untuk bisa memberi manfaat, tetapi mulailah melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk menjadi orang yang hebat."

Cukup sekian dan terima kasih. Semoga bisa bermanfaat dan dijadikan penyemangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak