facebook

5 Tanda Teman yang Tepat Diajak Curhat, Jangan Asal Pilih!

Rizky Melinda Sari
5 Tanda Teman yang Tepat Diajak Curhat, Jangan Asal Pilih!
Ilustrasi bergosip. (pexels)

Setiap kali sedang menghadapi masalah, kita pasti ingin curhat atau mecurahkan isi hati pada seseorang agar perasaan kita menjadi ringan dan tidak stres seorang diri. Curhat itu perlu agar kita tidak merasa tertekan dan dapat meminta saran dari orang lain. Pilihan kita pasti jatuh pada teman atau sahabat kepercayaan kita.

Namun, kita juga harus memperhatikan dengan siapa kita curhat. Apakah orang tersebut memang bisa menjaga rahasia kita, atau justru malah berpotensi menyebarkannya dan menjadikannya bahan gosip. Berikut ini lima tanda atau ciri-ciri teman yang tepat untuk kamu ajak curhat.

1. Tidak senang bergosip

Tanda pertama bahwa teman kamu merupakan orang yang tepat dan dipercaya adalah dia tidak senang bergosip. Jangan pernah menceritakan permasalahan yang sedang kamu hadapi dengan teman yang senang gosip, karena meskipun dia telah berjanji tidak akan menyebarkan masalah kita, kita tidak tahu apa yang akan dia perbuat di belakang kita.

2. Bukan seorang provokator

Hindari curhat dengan teman yang bersikap provokatif atau emosional. Orang yang provokatif biasanya malah semakin memanas-manasi kita ketika selesai curhat dengannya. Bukannya ikut membantu memecahkan masalah, yang ada malah dia semakin memperparah masalah dengan memberikan solusi yang dilandasi emosional.

3. Tidak suka menghakimi 

Teman yang tepat untuk diajak curhat adalah teman yang mampu mendengarkan kita dengan baik tanpa berniat menghakimi cerita kita begitu saja. Hindari curhat dengan teman yang mudah menghakimi, karena bukannya mendengarkan ceritamu dengan baik, yang ada dia malah menyalahkan tindakanmu.

4. Seorang pendengar yang baik

Hal yang kita butuhkan ketika sedang curhat sebenarnya bukanlah nasihat atau meminta solusi, tetapi kita hanya ingin didengar. Kita tidak akan merasa nyaman ketika sedang bercerita tetapi selalu dipotong dan dikomentari oleh teman kita. Percuma kita curhat jika ujung-ujungnya malah membuat kita semakin stres dan terbebani. 

5. Mampu menjaga rahasia

Tanda atau ciri-ciri terakhir teman yang tepat untuk diajak curhat adalah teman yang mampu menjaga rahasia. Biasanya, kita tahu pribadi teman kita yang satu ini jika sudah berteman dengannya dalam waktu yang lumayan lama. Kamu akan merasa aman membeberkan segala perasaanmu kepadanya.

Itulah lima tanda atau ciri teman yang tepat untuk kamu ajak curhat. Ingat, jangan sembarangan memilih orang untuk diajak curhat, karena kita tidak bisa menebak isi hati dan tindakan yang akan mereka lakukan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak