facebook

Awasi Anak saat Berada Di 5 Tempat Ini, Jangan Lengah!

Mutami Matul Istiqomah
Awasi Anak saat Berada Di 5 Tempat Ini, Jangan Lengah!
ilustrasi anak dan orang tua (Pexels/PaweĊ‚ L./mamafilo)

Sebenarnya dimanapun tempatnya anak tetap harus mendapatkan pengawasan orang tua. Namun di lima tempat ini, anak harus benar-benar mendapat pengawasan. Karena anak memang masih mengutamakan kenginannya dan rasa penasarannya sendiri, belum memahami pentingnya keselamatan.

Seringkali kita jumpai berita menyedihkan tentang seorang anak yang lalai dari pengawasan orang tua, kemudian terjadilah kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut sepatutnya menjadi pengingat bagi kita agar lebih mengawasi anak terutama saat berada di tempat-tempat seperti di bawah ini.

1. Kamar mandi

Orang tua sering melupakan keselamatan anak saat berada di kamar mandi. Misalnya anak sedang asyik bermain air, orang tua memilih untuk mengerjakan pekerjaan lain. Memang terkesan lebih fleksibel, tapi untuk anak di bawah lima tahun, hal tersebut tentu sangat dikhawatirkan. 

Kecelakaan yang mungkin terjadi adalah anak terpeleset. Terpeleset tidak boleh diremehkan, apalagi jika sampai bagian kepala mengalami benturan, harus segera diperiksakan. Selain itu, anak juga dikhawatirkan akan meminum air maupun air sabun yang sedang dipakai untuk bermain. Hal tersebut tentu bisa membuat anak sakit perut. Kasus lain adalah memasukkan air ke telinga maupun hidung, itu juga dipastikan bisa membuat anak tidak nyaman dan kesakitan.

Jadi, sebelum anak mampu memahami aturan dan arahan ketika berada di kamar mandi, jangan pernah membiarkannya mandi sendirian. Tidak mengapa meluangkan waktu sebentar untuk menemani anak mandi dan bermain air. Pekerjaan lain bisa dikerjaan setelahnya, asalkan anak sehat dan selamat.

2. Jalan raya

Jalan raya juga merupakan tempat rawan untuk anak kecil. Sayangnya, banyak rumah yang bertempat persis di sebelah jalan raya. Beruntung jika memiliki pintu gerbang sebagai batas anak bermain. Jika yang ada hanya halaman, anak berkemungkinan berjalan kesana-kemari dan sangat membahayakan.

Orang tua yang menyadari tempat tinggalnya bersebelahan dengan jalan raya sepatutnya memberikan pengawasan penuh ketika anak sedang bermain di luar rumah. Meskipun ada temannya, namun sesama anak kecil tidaklah menjamin anak kita dalam kondisi yang aman. 

Begitu pula ketika di suatu keadaan, mengharuskan orang tua dan anak untuk berjalan kaki. Tuntun dan biarkan anak berada di sisi paling kiri, sehingga kita bisa melindungi. Hal tersebut harus dibiasakan sedari kecil sehingga nanti ketika anak sudah besar dan harus bersekolah, ia sudah memahami bagaimana cara berjalan kaki di jalan raya dengan aman dan hati-hati.

3. Kolam renang

Salah satu tempat yang mengharuskan orang tua memberikan pengawasan penuh kepada anak adalah saat berada di kolam renang. Mengingat biasanya di tempat tersebut sangatlah ramai, jalan yang licin juga sangat mengerikan jika sampai anak terpeleset lalu tercebur ke dalam air. Anak yang belum bisa berenang tentu berkemungkinan tenggelam. Hal tersebut tentu menjadi hal yang tidak diinginkan. 

Ketika anak memang pergi berenang dengan teman dan gurunya saja, bicarakanlah tentang kewaspadaan yang harus dilakukan saat berada di kolam renang. Tentunya, guru pun akan bertanggung jawab atas keselamatan anak, namun akan lebih baik jika anak tersebut sudah menyadari untuk menjaga keselamatannya sendiri.

4. Pusat perbelanjaan

Pusat perbelanjaan adalah tempat yang ramai dan luas. Tidak mustahil banyak kejadian anak terpisah dari orang tua. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut sepatutnya menjadi orang tua tidak membuat kita sibuk memperhatikan barang incaran kita sendiri, tapi juga keberadaan anak yang pasti. 

Kita harus selalu ingat agar menempatkan anak dalam jangkauan kita. Kita bisa menuntun atau menggendong anak agar anak tidak terpisah. Karena seringkali anakpun merasa tertarik dengan benda disekitarnya. Hal tersebut membuat anak ingin menuruti rasa penasarannya sendiri dan berjalan ke arah yang ia ingin sendirian. 

5. Wahana bermain

Wahana bermain selalu menjadi tempat yang didambakan setiap anak untuk bermain dengan bebas dan semaunya sendiri. Tidak mengapa sesekali mengajak anak ke wahana bermain, tapi tetap harus diawasi, ya!

Pastikan agar anak memainkan permainan yang sesuai dengan usianya. Karena akan membahayakan jika anak bermain permainan untuk anak yang lebih besar darinya. Begitupun ketika ada anak lain yang meminta bergantian, ajari anak untuk berbagi.

Nah itu dia 5 tempat yang mengharuskan orang tua untuk terus mengawasi anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak