facebook

7 Cara Ampuh untuk Menjadi Seorang Penulis Profesional!

Sofina Sehan
7 Cara Ampuh untuk Menjadi Seorang Penulis Profesional!
ilustrasi menulis [pexels/Judit Peter]

Menjadi seorang penulis sepertinya menyenangkan. Jika kamu adalah termasuk orang yang berpikir seperti ini dan ingin memulai menulis sebagai profesi atau hanya sekadar hobi, ada beberapa langkah penting yang harus kamu hadapi dan ini sangatlah penting. Jika kita masih pemula dan baru akan memulai untuk menulis. Berikut ini ada 7 cara ampuh untuk memulai langkah-langkah menulis.

1. Alasan           

Untuk melakukan sesuatu entah apapun itu kita membutuhkan alasan yang jelas. Tanpa alasan yang jelas akan membuat kita mandek di tengah jalan. Pikirkanlah Apa alasan yang membuat kita ingin menulis dan Untuk apa kita menulis. Sertakan juga niat yang kuat.

2. Tentukan Jenis Tulisan

Dalam dunia tulis-menulis ada begitu banyak jenis tulisan yang membuat kita harus menentukan salah satu jenis tulisan apa yang akan kita buat. Oleh karena itu, tentukanlah jenis tulisan yang akan di buat.

3. Tentukan Target dari Tulisan yang akan di buat

Tentukanlah siapa yang akan kita jadikan target dari tulisan yang akan  kita buat sebagai contoh: yang di targetkan adalah remaja, pelajar, pekerja, atau siapa pun itu, kita harus menentukannya agar lebih jelas dan memudahkan kita dalam menulis nantinya.

4. Perbanyaklah Membaca

Menjadi penulis tanpa membaca adalah hal yang sangat mustahil karena setiap orang yang menjadi penulis adalah mereka yang menulis sesuatu hal yang ada di dalam pikirannya, dan hal yang ada di dalam pikiran kita entah itu ide, gagasan, atau opini semuanya adalah hasil dari buku-buku yang pernah kita baca.

Bukan berarti kita menulis sesuatu dari meniru karya orang lain melainkan kita jadi punya banyak referensi untuk menulis dan kita pun jadi tahu bagaimana cara menyampaikan sebuah ide dan pemikiran kita. Jangan lupa juga untuk terus belajar mengenal sastra secara mendalam.

5. Mulailah Menulis         

Mulailah menulis setiap hari dan percayalah dengan apa yang kita tulis. Jika kita tidak percaya dengan apa yang kita tulis, itu akan membuat orang lain sulit untuk memahami apa yang ingin kita sampaikan dari tulisan yang kita buat. Teruslah menulis setiap hari agar terbiasa.

6. Disiplin dan Konsisten

Apapun yang kita lakukan,kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika tidak disiplin dan konsisten. Teruslah menulis meski awalnya tulisan yang kita buat akan jelek dan acak-acakan enggak karuan, tapi dengan disiplin dan konsisten kita akan lebih dekat untuk menjadi penulis.

7. Jangan Putus asa

Semuanya tidak selalu berjalan mulus dan akan selalu ada hambatan yang datang pada kita. Akan tetapi kita harus terus belajar dan mencari solusi untuk setiap hambatan yang datang pada kita.

Itulah tujuh cara ampuh untuk menjadi seorang penulis, hanya saja hal di atas akan menjadi tidak ampuh jika tidak di lakukan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak