facebook

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Bertamu, Hargai Tuan Rumah!

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Bertamu, Hargai Tuan Rumah!
Ilustrasi bertamu ke rumah orang lain. (unsplash.com)

Banyak orang berkata bahwa tamu adalah raja sehingga harus dilayani dengan sebaik mungkin. Memang benar bahwa tugas tuan rumah adalah melayani bahkan menjamu tamu yang datang. Hal tersebut sebagai bentuk menghargai tamu tersebut.

Namun, tentu saja bukan hanya tuan rumah yang wajib menghargai tamu. Sebaliknya, tamu juga harus menghargai tuan rumah. Caranya adalah dengan menjadi tamu yang beretika. Jangan melakukan tindakan-tindakan yang tidak sopan dan membuat tuan rumah menjadi merasa tidak nyaman. 

Berikut ini adalah 4 hal yang tidak boleh dilakukan saat bertamu.

1. Merepotkan Tuan Rumah

Kewajiban tuan rumah untuk melayani dan menjamu tamunya. Namun sebagai tamu, kita harus tahu diri dengan tidak meminta hal yang membuat tuan rumah kerepotan. Jika sudah dijamu, nikmati saja apa yang sudah disediakan, jangan meminta yang belum ada.

Tamu yang suka merepotkan dapat membuat tuan rumah kesal dan menjadi tidak menyukai tamu tersebut. Hal tersebut dapat membuat hubungan menjadi tidak baik.

2. Masuk ke Area Privasi

Sebagai tamu, tempat kita adalah di ruang tamu atau di teras rumah. Jika tidak diajak, jangan masuk ke bagian rumah yang lebih dalam seperti kamar tidur, hal tersebut dapat melanggar privasi tuan rumah dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Jika terpaksa masuk semisal ingin buang hajat di toilet, mintalah izin kepada tuan rumah. Jangan langsung masuk seenaknya saja.

3. Membuat Kebisingan

Kerapkali tamu merasa keasyikan saat berbincang hingga tertawa terbahak-bahak. Namun, jangan sampai merusak ketenangan lingkungan dengan membuat kebisingan. Hal itu dapat mengganggu tuan rumah, apalagi jika tuan rumah memiliki bayi.

Jika tuan rumah santai saja dan tidak terganggu, belum tentu tetangganya juga demikian. Mereka bisa terganggu dengan kebisingan yang dibuat saat bertamu. Hal tersebut dapat membuat kita tidak disukai di lingkungan tersebut. Bahkan, tuan rumah juga dapat menjadi tidak disukai oleh tetangganya sendiri.

4. Mengatakan Hal yang Menyinggung Tuan Rumah

Saat bertamu, jangan mengucapkan hal-hal yang dapat menyinggung dan menyakiti hati tuan rumah. Misalnya dengan mengatakan rumahnya kotor dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membuat suasan menjadi tidak nyaman. Bahkan, hubungan antara tamu dan tuan rumah dapat menjadi tidak baik.

Demikianlah empat hal yang tidak boleh dilakukan saat bertamu di rumah orang lain. Jangan pernah lakukan jika kamu tidak ingin diusir.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak