facebook

Ingin Bahagia? Lakukan 4 Hal Sederhana ini

Mutami Matul Istiqomah
Ingin Bahagia? Lakukan 4 Hal Sederhana ini
Ilustrasi bahagia (pexels.com)

Kebahagiaan adalah hal yang ingin dicapai oleh semua orang. Banyak orang rela melakukan apa saja untuk menjadi manusia yang bahagia. Masalahnya, kebahagiaan sendiri merupakan sesuatu yang sulit dijelaskan. Banyak orang yang salah arah dalam memperjuangkan kebahagiaan.

Banyak orang mengira kebahagiaan berasal dari uang sehingga mereka bekerja mati-matian untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin, namun ketika mereka sudah kaya raya, kebahagiaan belum mereka dapatkan. Ada pula yang menganggap kebahagiaan berasal dari jabatan atau kekuasaan, namun banyak pejabat dan penguasa yang tidak merasa bahagia.

Padahal, ada beberapa hal sederhana yang dapat dengan mudah kita lakukan agar merasa bahagia.  Hal sederhana yang tidak memerlukan banyak uang maupun jabatan yang tinggi. Berikut ini adalah empat tips agar hidup kita merasa bahagia.

1. Jangan Mengungkit Masa Lalu

Setiap orang memiliki masa lalu, baik yang baik maupun yang kurang baik. Namun, sebaiknya masa lalu hanya dijadikan sebagai pembelajaran. Jangan sampai masa lalu masih dibawa-bawa hingga saat ini. Hal tersebut akan membuat kita tidak mau melangkah kedepan karena selalu menengok kebelakang.

Fokuslah pada hari ini dan hari yang akan datang. Atasi masalah yang ada pada saat ini dan perjuangkan apa yang ingin kita raih di masa depan. Hal tersebut tidak dapat kita lakukan jika kita masih tidak bisa lepas dari masa lalu.

2. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Kita tentu tidak suka jika ada orang yang membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Namun tanpa sadar, tidak jarang kita justru membandingkan kehidupan diri kita sendiri dengan kehidupan orang lain.

Padahal, setiap orang memiliki proses dan perjalanan hidup masing-masing. Belum tentu orang yang kita lihat tampak serba lebih baik, hidupnya lebih bahagia dari kita. Bisa jadi mereka memiliki masalah yang tidak kita ketahui.

Membandingkan diri dengan orang lain adalah tindakan yang tidak bermanfaat. Jika membandingkan dengan orang yang kurang beruntung, mungkin kita akan bersyukur, tapi tidak menutup kemungkinan justru kita menjadi sombong. Jika membandingkan dengan orang yang lebih baik dari kita, beruntung jika kita menjadi termotivasi, bisa jadi kita menjadi tidak bahagia.

3. Menikmati Masalah sebagai Bagian dari Proses

Setiap manusia pasti memiliki masalah. Begitu sebuah masalah terselesaikan, akan muncul masalah-masalah berikutnya. Hal ini yang kerapkali membuat banyak orang frustrasi dan menjadi tidak bahagia.

Cara mengatasinya adalah kita harus menjalani masalah itu dengan ikhlas dan senang hati. Tidak apa mengeluh dan menangis. Anggap masalah itu sebagai bagian dari proses untuk memperbaiki diri dalam mencapai sesuatu yang kita inginkan.

4. Bersyukur atas apa yang Dimiliki

Terakhir, banyak orang yang serba berkecukupan, bergelimang harta dan memiliki jabatan tinggi, namun masih belum bahagia. Bahkan, masih banyak yang melakukan tindakan keji korupsi untuk memenuhi hasratnya. Akar permasalahannya sederhana, orang-orang tersebut kurang bersyukur.

Bersyukur memang sangat mudah diucapkan, namun terkadang lalai untuk dilakukan. Dengan bersyukur, kita jadi lebih menghargai apa yang kita miliki, lebih menghargai kehidupan kita. Hal ini dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

Demikianlah empat hal yang dapat kita lakukan agar hidup kita menjadi bahagia. Semoga hidup kita selalu diwarnai dengan kebahagiaan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak