facebook

4 Cara Merawat Mesin Sepeda Motor agar Tetap Awet

Rosi be faro
4 Cara Merawat Mesin Sepeda Motor agar Tetap Awet
Ilustrasi mengecek mesin sepeda motor (pexels)

Tidak dipungkiri lagi bahwa sepeda motor merupakan suatu kendaraan yang praktis serta mudah digunakan oleh semua kalangan. Banyak dari kalangan masyarakat memilih kendaraan dengan roda dua ini. Selain harganya yang cukup terjangkau, sepada motor memiliki sejumlah manfaat serta kegunaan seperti untuk keperluan belanja, mengantar atau menjemput anak sekolah, digunakan untuk bekerja, mengantar barang, serta sejumlah manfaat lainnya.

Sehingga tak heran jika banyak orang-orang kini beralih ke sepeda motor karena penggunaannya yang sangat praktis. Namun dibalik segudang manfaatnya tersebut, sepeda motor juga memerlukan perawatan untuk menjaga performa mesin dan kendaraan tetap awet digunakan. Jangan sampai Anda mengabaikan perawatan serta servis yang tentunya akan merusak mesin dan menghambat berbagai aktivitas yang menggunakan sepeda motor.

Berikut merangkum dari lam resmi Astra Motor, empat cara merawat sepeda motor agar mesin tetap terjaga dan awet.

1. Mengganti oli secara rutin dan berkala

Cara yang pertama yakni Anda harus rutin mengganti oli sepeda motor. Oli sepeda motor harus diganti paling tidak dua bulan sekali atau menyesuaikan dengan penggunaan motor agar motor Anda tetap awet . Oli memang memiliki peranan penting bagi mesin, selain untuk melumasi mesin, oli juga bermanfaat untuk mendinginkan mesin saat bekerja.

2. Mengecek aki sepeda motor

Cara yang kedua yakni rajin-rajinlah mengecek aki sepeda motor. Aki merupakan perangkat penting dalam hal kelistrikan sepeda motor tersebut. Dalam penggunaan sepeda motor, baik aki kering maupun aki basah semuanya harus dilakukan perawatan agar daya motor tetap stabil.

3. Kondisi ban yang bagus

Sebelum Anda melakukan perjalanan, sebaiknya periksalah kondisi ban terutama angin ban. Jangan sampai kekurangan angin karena hal tersebut akan membahayakan Anda dalam perjalanan serta membuat ban dan velg cepat rusak.

4. Lakukanlah servis rutin

Untuk cara selanjutnya agar mesin sepeda motor tetap awet yakni dengan rajin serta rutin membawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk dilakukan servis mesin. Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel resmi paling tidak setiap 5.000 kilometer. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi mesin dan perangkat dalam sepeda motor Anda. Jangan sampai Anda mengabaikan servis rutin ini karena jika sampai mesin rusak maka hal tersebut akan menambah jumlah pengeluaran Anda.

Itulah empat cara merawat mesin sepeda motor agar tetap awet.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak