facebook

4 Langkah Melepaskan Diri dari Perasaan Bersalah yang Menghantui, Segera Terapkan!

Desy Putrisari
4 Langkah Melepaskan Diri dari Perasaan Bersalah yang Menghantui, Segera Terapkan!
Ilustrasi seseorang yang tengah dihantui rasa bersalah. (unsplash.com/@anniespratt)

Beberapa dari kita pasti pernah memiliki kekhawatiran yang disebabkan oleh perasaan bersalah. Ketika kita merasakan perasaan bersalah biasanya pikiran kita dipenuhi oleh pikiran-pikiran negatif dan emosi yang tidak baik.

Hidup pun menjadi tidak tenang, mungkin di antara kita akan merasakan gelisah yang terus menerus karena perasaan bersalah yang sulit kita lepaskan ini. Untuk bisa menyingkirkan perasaan bersalah yang sedang dirasakan, kita bisa melakukan 4 langkah berikut.

1. Mulai sekarang, cegah diri kamu untuk mengkritik diri sendiri karena hal apa pun

Hindari mengatakan pada diri sendiri yang sama sekali tidak ingin menjadi kenyataan. Kata-kata yang kamu katakan pada dirimu akan membentuk diri kamu dan akan menjadi keyakinan bagimu. Kamu harus memastikan kata-kata yang kamu sampaikan terhadap diri kamu adalah kata-kata yang positif dan dapat membangkitkan semangat kamu.

Kata-kata baik yang bisa kita katakan pada diri sendiri dan beruang-ulang kali sebaiknya seperti “Saya mencintai diri saya saat ini!,” “Saya akan bisa mengerjakan pekerjaan saya dengan baik,” dan “Saya adalah orang yang bertanggungjawab.” Ciptakan nuasa positif dalam pikiran dan perasaan kamu, agar tidak terus dihantui rasa bersalah yang tak berarti.

2. Jangan mengkritik orang lain karena alasan apa pun

Kamu tidak perlu menghabiskan tenaga untuk mengkritik orang lain dengan buruk. Jauhi kritik yang tidak membangun dari kamus hidupmu. Jadilah orang yang dapat menahan kata-kata yang mengecilkan hati siapa pun. Tumbuhkan kebiasaan untuk selalu mencari hal-hal positif dalam diri orang lain dan memberinya pujian.

Ketika kamu mengungkapkan rasa kepedulian dan menyampaikan pujian kamu pada orang lain yang dapat menyenangkan hatinya karena alasan apa pun, kamu akan membantunya meningkatkan kepercayaan dirinya. Mungkin kamu sering tidak sadar, ketika kamu mengungkapkan pujian dan memberi perasaan positif pada orang lain untuk menyenangkannya, rasa kepercayaan diri kita juga akan meningkat.

3. Hindari memanfaatkan perasaan bersalah orang lain

Hilangkan perasaan bersalah pada kamus hidupmu. Jangan membuat orang lain merasa bersalah atas sesuatu yang mereka lakukan atau yang tidak mereka lakukan. Kamu pastinya tidak mau menjadi orang yang bersalah bukan? Perilaku yang kamu amalkan akan kamu rasakan manfaatnya pada diri kamu sendiri.

Jadilah orang yang memiliki kasih tanpa syarat dan penerimaan. Bersabar dan menerima, cegah emosi buruk menguasai diri kamu. Jangan nodai hati dan pikiran kita dengan emosi negatif hanya karena kita berusaha mengkritik dan menyalahkan orang lain.

4. Jangan biarkan diri kamu dimanipulasi oleh perasaan bersalah

Mulai detik ini dan seterusnya, tolak hal yang dapat membuat kamu merasa bersalah karena alasan apa pun. Apabila ada orang-orang di sekitarmu termasuk orang terdekatmu berusaha membuatmu merasa bersalah, maka kamu cukup katakan “Kalian tidak sedang berusaha membuat saya merasa bersalah, bukan?" Kemudian, tetap menjadi tegar dan segera lupakan perasaan bersalah yang sangat mengganggumu itu.

Itulah empat langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari perasaan bersalah yang terus menghantui. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak