facebook

5 Cara agar Berhenti dari Kebiasaan Menggigit Kuku

Rosi be faro
5 Cara agar Berhenti dari Kebiasaan Menggigit Kuku
Ilustrasi menggigit kuku (freepik)

Kebiasaan menggigit kuku merupakan aktifitas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, salah satunya adalah infeksi kuku jari, masalah pada gigi, serta mampu menyebabkan sakit perut. Kuku yang sering digigit akan menyebabkan kulit halus yang ada dibawah kuku akan terlihat dan hal itu akan membuat Anda rentan terkena bakteri dan ujung-ujungnya akan terjadi infeksi pada kuku jari.

Bukan hanya itu saja, aktifitas mencabut kuku dengan gigi akan membuat kuman dan bakteri yang ada di bawah kuku yang kotor akan terbawa ke saluran pencernaan, dan hal itu akan menyebabkan sakit perut. Sehingga penting sekali untuk menghentikan kebiasaan tersebut agar Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Merangkum dari hellosehat, berikut lima cara agar bisa berhenti dari kebiasaan buruk yakni mencabut kuku dengan gigi.

1. Menjaga kuku tetap pendek

Saat kuku Anda panjang, Anda akan lebih berhasrat untuk menggigitnya. Sehingga dengan menjaga kuku tetap pendek akan membuat hasrat tersebut hilang.

2. Lakukan manicure dan pedicure

Kuku yang selalu dilakukan manicure dan pedicure akan membuat kuku menjadi rapi dan bersih. Sehingga tidak akan ada kesempatan untuk mencabut kuku dengan gigi.

3. Menggunakan cat kuku

Cara selanjutnya agar Anda bisa menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah dengan memakai cat kuku. Ya, cat kuku membuat Anda tidak berani lagi untuk menggigitnya, karena rasa yang pahit dari cat kuku tersebut.

4. Sibukkanlah tangan atau mulut Anda

Biasanya kebiasaan menggigit kuku akan Anda lakukan saat tidak ada aktifitas lain yang Anda kerjakan. Anda akan cukup leluasa untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut jika sedang santai. Sehingga dengan menyibukkan tangan dan mulut akan membuat pikiran Anda akan teralihkan dan kegiatan menggigit kuku akan terlupakan. 

5. Mintalah bantuan orang lain

Kegiatan mencabut kuku dengan gigi merupakan aktifitas yang berkaitan dengan hasrat dan kebiasaan orang itu sendiri. Sehingga Anda perlu orang lain untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Mintalah bantuan orang tua atau pasangan untuk mengingatkan bahkan juga melarang jikalau Anda ketahuan menggigit kuku.

Itulah lima cara agar Anda bisa berhenti dari kebiasaan menggigit kuku. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak