facebook

4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Kehilangan Semangat, Cepat Hindari!

Muhammad Hafizh Ramadhan
4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Kehilangan Semangat, Cepat Hindari!
Ilustrasi wanita merebahkan kepala di meja (pexels.com/@ron-lach)

Kita pasti pernah merasa tidak ada semangat dalam melakukan sesuatu dan ingin kegiatan itu cepat selesai. Memang tidak masalah kalau bukan kegiatan yang tidak terlalu penting. Namun, bagaimana kalau itu kegiatan yang harus dikerjakan seperti belajar atau bekerja?

Salah satu penyebab rasa semangat kamu hilang adalah karena kebiasaan buruk yang dilakukan. Lalu, seperti apa kebiasaan buruk yang buat kita kehilangan semangat? Berikut ini penjelasannya.

1. Bermalas-malasan

Sering bermalas-malasan memang terlihat menyenangkan, seperti main game, nge-scroll media sosial, dan juga rebahan. Alhasil, jadi berat banget untuk mengerjakan sesuatu walaupun itu hanya pekerjaan kecil.

Itulah yang terjadi kalau kamu suka bermalas-malasan, yang tadinya punya semangat, tapi jadi hilang karena kebiasaan yang tidak baik ini. Pekerjaan yang harus diselesaikan, bahkan jadi tidak siap.

2. Berpikir berlebihan

Kita memang harus berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak agar menghindari segala kemungkinan yang akan berdampak buruk. Namun, bagaimana kalau kita sudah terlalu biasa untuk berpikir secara berlebihan?

Berpikir secara berlebihan atau biasa yang disebut overthinking juga akan berdampak bagi kamu. Karena kamu sering memikirkan perkiraan-perkiraan yang akan terjadi dengan berlebihan, sehingga dibayang-bayangi rasa takut yang tidak jelas dan akan membuat semangatmu menghilang.

3. Menunda-nunda

Pernahkah kamu menunda-nunda untuk mengerjakan sesuatu atau memang sudah jadi kebiasaan? Biasanya orang akan beralasan masih ada sedikit waktu lagi dan akhirnya justru memilih untuk melakukan hal yang tidak penting, sehingga yang menjadi prioritas akan terabaikan.

Kebiasaan buruk inilah yang tanpa disadari bisa membuat semangatmu jadi hilang. Kamu yang tadinya memiliki semangat yang tinggi untuk mengerjakan sesuatu yang sudah direncanakan, tapi niat itu justru terlupakan karena suka menunda-nunda.

4. Takut akan kegagalan

Setiap langkah yang kita ambil tentu selalu ada kemungkinan baik dan buruknya. Begitu juga dengan kegagalan yang bisa saja terjadi kapanpun itu. Sebenarnya rasa takut akan kegagalan itu hal yang memang dirasakan semua orang. Hanya saja, akan jadi masalah kalau ketakutanmu itu sudah berlebihan sehingga selalu berpikir yang negatif.

Nah, itulah 4 kebiasaan buruk yang membuat kamu kehilangan semangat, manakah yang sering kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak