facebook

4 Dampak Buruk Selalu Memiliki Rasa Percaya Diri Berlebihan

Rizki Putra
4 Dampak Buruk Selalu Memiliki Rasa Percaya Diri Berlebihan
Ilustrasi mengobrol (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Setiap orang pastinya membutuhkan rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu. Jika tidak memiliki hal tersebut, akan kesulitan melakukan sesuatu dengan baik. Meskipun sudah memiliki rencana yang terorganisir, tidak menutup kemungkinan rasa ragu menjadi penghambat jika tidak memiliki rasa percaya diri.

Namun, apapun yang berlebih itu tidak baik, hal ini pun berlaku juga dengan rasa percaya diri. Ada beberapa dampak buruk yang terjadi jika kamu selalu memiliki rasa percaya diri yang berlebihan.

1. Sering merasa paling benar

Dampak buruk yang akan diterima oleh seseorang yang memiliki rasa percaya diri berlebihan salah satunya adalah merasa paling benar. Meskipun tidak menyadari hal tersebut, tapi orang-orang di sekitanya pasti akan sadar terhadap sikap tersebut.

Jadi, jangan heran kalau kamu selalu percaya diri berlebihan orang yang berada di dekatmu merasa risih atau terganggu. Bagaimanapun juga, sikap merasa paling benar adalah tindakan yang kurang bijak. Sebab, kita perlu menghargai dan menerima gagasan yang disampaikan oleh orang lain.

2. Tidak suka dikritik

Orang yang merasa paling benar, biasanya tidak suka dengan kritikan dari orang lain tentang dirinya atau gagasannya. Hal ini terjadi karena memiliki rasa percaya diri yang berlebihan yang membuatnya jadi menghiraukan fakta yang ada.

Bukan hanya itu saja, terkadang juga selalu ingin jadi yang sempurna atas apa yang dia lakukan. Sehingga, kerap kali berusaha menutup kesalahan yang dilakukan.

3. Haus akan pujian

Orang yang merasa dirinya sempurna selalu ingin dapat pujian dari orang lain. Tujuannya agar membantunya untuk memperoleh apa yang dia inginkan.

Sebenarnya, haus akan pujian justru membuat dirinya jadi terkurung dalam kenikmatan. Sehingga, selalu inginnya manisnya saja, tetapi setiap hal pahit kerap kali menyangkalnya.

4. Sulit untuk berkembang

Dampak buruk lainnya jika memiliki rasa percaya diri yang berlebihan adalah sulit untuk berkembang. Hal ini disebabkan oleh tidak mau menerima kritikan dari orang lain.

Padahal, orang lain yang memberikan kritik yang mebangun tujuannya agar dapat memberikan masukan untuknya bisa berkembang dalam sesuatu hal. Jadi, jangan heran orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan akan sulit berkembang.

Bagaimanapun juga, pahamilah kadar batas dalam bersikap untuk tidak melakukan sesuatu hal yang berlebihan. Sebab, nanti kamu akan merasakan beberapa dampak buruknya seperti penjelasan di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak