facebook

4 Tanda Seseorang Perlu Istirahat dari Rutinitas Pekerjaan, Kamu Termasuk?

Rizki Putra
4 Tanda Seseorang Perlu Istirahat dari Rutinitas Pekerjaan, Kamu Termasuk?
Ilustrasi kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rutinitas pekerjaan memang wajib kamu hadapi dan dikerjakan secara baik. Bagaimanapun juga, kamu tetap harus memenuhi tanggungan kehidupan yang perlu diselesaikan. Setiap pekerjaan yang telah selesai, pasti akan ada lagi tambahan pekerjaan yang lainnya.

Jika pekerjaan sudah menumpuk, memang akan menjadi beban tersendiri. Sebab, waktu, tenaga, dan pikiran perlu fokus mengerjakannya. Nah, sudah semestinya kamu perlu istirahat sejenak agar fokusmu tidak hilang karena kelalahan. Maka dari itu, ketahuilah 4 sinyal yang jadi tanda perlu istirahat sejenak dari rutinatas pekerjaan.

1. Sudah merasakan tertekan berlebihan

Beragam pekerjaan yang kamu terima, pastinya membutuhkan waktu, pikiran, hingga tenaga. Sehingga, ada kalanya kamu kalang kabut menyelesaikan pekerjaan satu persatu. Karena hal tersebut, tidak menutup kemungkinan kamu merasa tertekan.

Meskipun kamu menganggap hal tersebut wajar, merasa tertekan yang berlebihan sudah seharusnya kamu perlu beristirahat sejenak. Bagaimanapun juga, jangan sampai performamu menurun karena kamu kehilangan fokus lantaran kekurangan istirahat.

2. Sedang tidak bisa konsentrasi

Dalam menuntaskan pekerajaan, kamu perlu berkonsentrasi agar bisa mengerjakannya dengan baik. Namun kenyataannya, tidak mudah untuk menjaga konsentrasi selama bekerja.

Kalau kamu sedang tidak bisa berkonsentrasi dalam kegiatanmu, maka tandanya kamu sedang butuh waktu istirahat. Sebab, konsetrasi yang pecah justru menjadi penghambatmu untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

3. Setiap apapun yang dikerjakan hasilnya tidak maksimal

Selama bekerja, pastinya berharap apa yang dieksekusi akan memperoleh hasil maksimal. Namun kenyataannya, semua tidak dapat terwujud di kala kamu terlalu sering mengabaikan rasa lelah.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, konsentrasi sangat dibutuhkan selama bekerja. Jadi, akan mempengaruhi setiap apapun yang dikerjakan. Kalau kamu memaksakan diri untuk bekerja saat kondisi kelelahan, maka jangan heran akan terjadi kesalahan-kesalahan pada hasil akhirnya.

4. Sedang merasa jenuh

Mungkin kita semua pernah merasakan jenuh, termasuk dalam pekerjaan yang sedang dilakoni. Hal apapun yang dikerjakan rasanya malas sekali untuk menjalaninya.

Meskipun hal ini wajar terjadi karena kita mengerjakan sesuatu hal yang sama berulang-ulang, namun kamu tetap perlu istirahat sejenak ketika sudah merasa jenuh, ya. Tujuannya agar kamu tetap semangat selama bekerja.

Rutinitas pekerjaan memang wajib kita lalui, terlebih lagi kamu perlu memenuhi tanggungan yang harus diselesaikan. Kalau kamu sudah merasakan beberapa tanda di atas, maka sebaiknya istirahatkan dirimu sejenak biar mengembalikan fokus pikiran dan tenagamu. Tetap semangat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak