facebook

4 Tips Ampuh Agar Tak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilang

Rizki Putra
4 Tips Ampuh Agar Tak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilang
Ilustrasi putus asa (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang mungkin akan selalu termotivasi bila ingin mengerjar mimpi dalam hidupnya. Hingga pada saat sudah mendapatkannya, pasti merasakan yang namanya kebahagiaan. Namun sayangnya, setiap manusia memang tidak lepas dari ujian dalam hidupnya. Ada kalanya yang sudah diperjuangkan bisa hilang begitu saja. Rasa kecewa, sedih, marah, hingga putus asa akhirnya pun menyelimutinya.

Kalau kamu merasakan kejadian itu, supaya tetap bisa bangkit memperjuangankan kembali tujuan hidupmu tersebut, kamu perlu berani mengambil langkah lagi, ya! Nah, ini dia empat tips biar tak putus asa ketika semua yang kamu miliki hilang.

1. Tidak perlu lagi menyesali diri sendiri dan keadaan

Kehilangan sesuatu hal yang sudah diperjuangkan susah payah, tentunya merasa sakit hati dengan diri sendiri dan keadaan yang telah terjadi. Namun, terus-menerus menyesali hal tersebut bukan langkah yang bijak kamu lakukan.

Sudah seharusnya kamu dapat mengikhlaskan dan menerima apa yang telah terjadi. Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa kalau apapun yang ditakdirkan itu untukmu, maka akan selalu menjadi milikmu. Jika tidak, maka kamu perlu mengikhlaskan, ya!

2. Jadikan sebagai bahan pembelajaran

Kegagalan dan kehilangan merupakan bagian dalam hidup setiap manusia yang perlu dilewati. Sehingga, siapapun bisa merasakan hal yang sama. Namun, bukan artinya kamu jadi patah semangat memperjuangkan hidupmu kembali, ya.

Daripada kamu terus-terusan bersedih dan putus asa, alangkah lebih baiknya jadikan hal tersebut sebagai bahan pembelajaran. Sudah saatnya kamu belajar menerima rasa kecewa menjadi ikhlas menerima semua kenyataan yang ada.

3. Tetap bersyukur biar bisa menghilangkan rasa kecewa

Rasa kehilangan justru akan lebih menyakitkan lagi bila kamu tidak bisa bersyukur dengan keadaanmu saat ini. Sudah seharusnya kamu dapat mengambil sisi positif dari hal yang menimpa hidupmu.

Meskipun berat melakukannya, tapi setidaknya kamu perlu mengambil sisi positif biar kamu tetap bisa mengucap syukur. Bagaimanapun juga, dengan bersyukur akan membantumu merasa bahagia dalam kondisi apa pun.

4. Harus berjuang kembali untuk apa yang telah hilang darimu

Jika telah kehilangan semua yang kamu miliki dan merasa putus asa, bukan artinya kamu tidak berhak memperolehnya kembali, ya. Meskipun hasil akhirnya berbeda dengan apa yang kamu miliki sebelumnya, setidaknya kamu masih mau memperjuangkan hidupmu sendiri.

Oleh karena itu, jangan terlalu lama terpuruk. Sebaiknya, mulailah berjuang kembali agar tetap semangat menjalani kehidupanmu.

Kehilangan adalah hal yang menyakitkan dalam hidup, terlebih lagi kamu telah kehilangan semua yang kamu miliki. Namun setidaknya, kamu tetap wajib bangkit memperjuangkan hidupmu kembali. Jika bukan kamu yang peduli dengan masa depanmu sendiri, lalu siapa lagi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak