facebook

4 Alasan Penting Kenapa Kamu Wajib Mensyukuri Nikmat yang Ada

Rizki Putra
4 Alasan Penting Kenapa Kamu Wajib Mensyukuri Nikmat yang Ada
Ilustrasi merenung (pexels.com/KelvinValerio)

Meskipun kamu tahu banyak nasihat yang menyatakan bahwa kita perlu pandai bersyukur tentang apa yang saat ini dimiliki, tapi sayangnya masih saja kita sering melalaikan nasihat tersebut. Alih-alih mensyukuri nikmat yang ada, justru malahan selalu menuntut lebih.

Tak jarang, kita sendiri kerap kali merasa iri terhadap pencapaian yang dimiliki orang lain. Maka dari itu, kamu perlu memahami beberapa alasan penting kenapa kamu wajib mensyukuri atas apa yang kamu miliki saat ini.

1. Dengan bersyukur dapat menjadi sumber kebahagiaan

Memiliki hidup yang bahagia merupakan idaman setiap orang. Namun sayangnya, masih banyak orang berpikir bahwa sumber kebahagiaan dalam hidup hanya berasal berupa materi serta memiliki uang yang banyak. Jika seperti itu, apa pun yang saat ini dimiliki selalu merasa kurang.

Apa pun yang sudah kamu dapatkan saat ini dan masih belum bersyukur atas hal tersebut, jangan heran kalau hidup akan terasa tidak bahagia. Hal ini terjadi karena tidak dapat mensyukuri atas nikmat yang diterimanya.

2. Nikmat yang sudah dimiliki sekarang bisa jadi suatu impian bagi banyak orang

Pasti kita sudah sering melihat banyak orang-orang yang telah memiliki jabatan dan keberlimpahan harta yang dimilikinya. Hal ini justru kerap kali membuat kita jadi mudah terlena dan lupa untuk mengucap rasa syukur atas apa yang sudah kita miliki saat ini.

Kalau mau melihat keadaan di sekitar kita, pasti banyak orang yang berharap menginginkan apa yang saat ini kamu punyai. Misalnya saja keluarga, pertemanan, ataupun hal lainnya yang tidak bisa ditukarkan dengan uang.

3. Dengan bersyukur menjadikan kita merasa berkecukupan

Sering kali kita lupa diri lantaran merasa kurang puas terhadap apa yang sudah dimiliki. Sehingga, akan berani mengambil tindakan berbagai cara untuk bisa memenuhi nafsu diri.

Sebenarnya, hal tersebut justru menandakan bahwa kita tidak mengenal rasa syukur. Maka dari itu, pentingnya mensyukur nikmat yang ada agar tetap merasa berkecukupan.

4. Bisa terhindari dari sifat rakus

Memiliki sifat rakus menjadikan diri merasa untuk melakukan hal besar, sehingga kita akan selalu haus tentang sesuatu hal, misalnya saja jabatan, harta dan lain sebagainya.

Meskipun sudah berhasil mendapatkannya, tetap terus tidak bisa mensyukuri apa yang sudah dimiliki. Oleh karena itu, kalau kamu mau menghindari sifat itu wajib untuk bisa mensyukuri setiap hal telah diterima.

Bagaimanapun juga, rasa syukur merupakan sumber kebahagiaan dalam hidup. Namun, kalau kamu sadar selama ini sering mengabaikan rasa syukur, sebaiknya pahami beberapa alasan di atas dengan bijak, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak