facebook

Sering Dianggap Hal Negatif, Ini 4 Hikmah di Balik Rasa Sedih

Rizki Putra
Sering Dianggap Hal Negatif, Ini 4 Hikmah di Balik Rasa Sedih
Ilustrasi merenung.[pexels.com/Yogendra Singh]

Merasakan kesedihan bisa menjadi diri kita semakin dewasa. Sebab, kita jadi tahu hal apa saja yang sebaiknya dihindari agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika sudah bisa berpikir seperti itu, akan lebih mudah menghilangkan rasa sedih tersebut.

Asalkan kamu bisa melihat dari sisi yang berbeda, pastinya dibalik kesedihanmu itu bisa menemukan hal yang positif, lho. Mau tahu apa aja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Bisa beristirahat sejenak untuk mengembalikan energi yang hilang

Ketika kamu telah mengalami kejadian yang membuatmu merasakan kesedihan yang mendalam, tidak heran kamu akan mudah lelah. Sehingga, kamu bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan energimu yang telah hilang.

Kesedihan juga dapat dijadikan tanda bahwa dirimu saat ini sedang butuh istirahat. Namun, tetaplah beristirahat dalam batas yang wajar dan jangan sampai melalaikan kewajibanmu.

2. Jadi memiliki waktu untuk menyendiri dan mengenal diri sendiri

Ketika sedang dilanda kesedihan, memang membutuhkan ruang untuk menyendiri agar bisa memulihkan kondisi seperti sedia kala. Dengan cara menyendiri, justru kita dapat memiliki ketenangan dan fokus terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Namun, salurkan kesedihanmu dengan cara yang bijak, ya. Gunakan waktu menyendirimu untuk mengenal diri sendiri dan jadikan momen yang tepat untuk memperbaiki keadaanmu.

3. Akan selalu ada pelajaran baru ketika kamu bisa intropeksi diri

Ada kalanya kesedihan dilakukan bukan dari faktor luar, melainkan dari diri sendiri. Misalnya sering bersikap egois dan merasa selalu benar, dan parahnya lagi kerap kali menyalahkan orang lain.

Dengan kesedihanmu saat ini, bisa dijadikan waktu untuk intropeksi terhadap diri sendiri. Maksudnya bukan kamu harus menyalahkan diri sendiri, namun mengajarkan bisa lebih berhati-hati untuk ke depannya.

4. Bisa lebih bersyukur atas kebahagiaan yang sudah diterima sebelumnya

Dengan adanya kesedihan akibat kehilangan hal yang kamu miliki, bisa dijadikan kepercayaan bahwa yang selama ini kamu miliki belum tentu akan selalu jadi milikmu. Sehingga, kamu menyadari bahwa di hidup ini tidak ada yang selamanya abadi.

Maka dari itu, kamu perlu memahami dan belajar setiap hal datang di dalam kehidupan. Jika kamu bisa bersyukur atas nikmat yang sudah kamu perlu oleh, justru bisa lebih ikhlas menerima sesuatu hal yang sudah hilang dalam kondisi apapun.

Kenyataannya, tidak semua orang bisa memaknai rasa sedih yang dialami olehnya. Bukan maksudnya kamu perlu menyalahkan keadaan, namun kamu tetap perlu melihat sisi positif dari segala tentang pengalaman yang telah kamu lalui.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak