facebook

Bingung Belum ada Pekerjaan Setelah Lulus? Kamu Bisa Coba 4 Hal ini!

Desy Putrisari
Bingung Belum ada Pekerjaan Setelah Lulus? Kamu Bisa Coba 4 Hal ini!
Ilustrasi seseorang bingung (unsplash.com/@punttim)

Harapan setiap orang yang telah lulus adalah untuk memperoleh pekerjaan tetap dengan segera. Namun kenyataannya, memperoleh pekerjaan yang cocok dan sesuai kemampuan bukan hal yang mudah bagi semua orang. Terkadang kualifikasi yang dibutuhkan tidak cocok dengan diri kita.

Selain itu, mungkin juga ada tawaran namun tidak sesuai dengan minat yang dimiliki. Kamu bisa mencoba hal baru ketika dalam masa menunggu sebuah pekerjaan tetap. Carilah kegiatan yang dapat kamu kerjakan dimasa menunggu sebuah pekerjaan tetap. Agar tetap produktif, kamu bisa coba hal-hal berikut yang dapat mengasah kemampuan dan tentunya menambah pengalaman.

1. Menjadi Penulis Lepas

Pada jaman sekarang banyak media online yang membuka kesempatan kepada para penulis muda untuk menyalurkan sekaligus mengembangkan kemampuan menulisnya. Jika kamu tertarik pada bidang kepenulisan, kamu wajib mencobanya. Sekarang ini beberapa media online juga memberikan poin bagi tulisan yang berhasil dipublikasikan, poin tersebut nantinya bisa kamu tukarkan menjadi rupiah. Cukup menarik bukan? Kamu bisa mengembangkan skill sekaligus juga memiliki karya yang dapat dibaca masyarakat umum.

2. Menjadi Barista

Banyaknya kedai kopi yang bermunculan membuat banyak lowongan untuk menjadi seorang barista. Jika kamu tertarik dengan dunia perkopian, kamu bisa mencoba menjadi seorang barista. Apabila kamu belum berpengalaman, kamu bisa mencari lowongan untuk pemula. Sekarang ini, banyak kedai kopi yang membuka lowongan untuk pemula dan nantinya kamu akan mendapat pelatihan cara menyajikan berbagai macam kopi yang siap untuk dinikmati.

3. Menjadi Tentor

Bagi kamu yang tertarik pada dunia pendidikan dan menyukai kegiatan mengajar, menjadi seorang tentor bisa menjadi jawabannya. Kamu bisa mencari lowongan tentor freelance, baik yang mengajar di lembaga bimbingan belajar atau menjadi tentor privat yang datang ke rumah siswa. Selain itu, kamu juga bisa menjadi tentor di platform yang menyediakan jasa bimbingan belajar secara online yang sudah banyak tersedia. Kamu bisa memilih sesuai keinginan kamu.

4. Berjualan Melalui Media Online

Jika kamu seseorang yang tertarik berjualan barang atau jasa, kamu bisa mencoba menjual barang atau menawarkan jasa melalui media online. Berjualan memang bukan hal yang mudah, namun jika kamu tertarik dengan hal ini, kamu harus berani mencobanya. Kamu bisa berjualan barang-barang seperti pakaian, kerudung, atau barang buatan sendiri seperti kerajinan tangan. Apabila kamu memiliki keahlian tertentu, kamu bisa menawarkan jasa. Jika kamu suka membuat sketsa, kamu bisa membuka jasa lukis wajah. Selain itu, jika kamu bisa mengolah data dan editing, kamu juga bisa menawarkan jasa olah data dan editing.

Itulah empat hal yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu selama menunggu panggilan kerja. Mungkin kamu tertarik melakukan salah satunya atau masih belum ada yang membuatmu tertarik? Apabila belum ada yang membuatmu tertarik, kamu bisa mencoba mencari kegiatan lain sesuai minatmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak